Thursday, November 12, 2009

DISTINCTION OF A TRUE FRIEND PART ONE

Materi Sharing Purpose People - 11 November 2009

Setelah memasuki tanah kanaan dan sibuk berperang disana, akhirnya saat bagi kita untuk mengupgrade kemampuan kita. Supaya ketika kita ada di medan pertempuran kita masing-masing kita stay excelent.

Salah satu yang akan dipelajari minggu-minggu ini adalah karakter yang baik yang membuat kita semakin maju dalam hubungan satu sama lain.

Hubungan sangat penting, karena TUHAN SELALU MEMAKAI ORANG LAIN untuk membawa kita naik. Kita akan dipertemukan orang-orang yang membuat kehidupan kita menjadi luar biasa didalam Tuhan.

Karena itu setiap kita perlu belajar menjadi seorang sahabat yang baik agar setiap kita memperoleh orang-orang yang baik dalam kehidupan kita. perlu bagi kita tahu bagaimana cara membangun komunitas, hidup sebagai seorang yang menjadi berkat dan menuai berkat dalam hubungan.

Point dari pelajaran kali ini "jadilah sahabat yang baik, maka kita akan diberikan orang-orang yang baik dalam kehidupan kita, dan dengan seperti itu maka FAVOR akan selalu hadir dalam hidup kita"

Ciri sahabat sejati
1. ORANG YANG SELALU ADA DALAM KEADAAN KEADAAN APAPUN
“A friend is the one who comes in when the whole world has gone out.” Grace Pulpit

Mudah bagi kita menemukan teman dalam keadaan yang baik, saat kita memiliki karir yang bagus, kehidupan kita mengalami kemajuan, atau kita berada di puncak kesuksesan. Tetapi seorang sahabat adalah sering kali adalah orang-orang yang ada dalam dan terus mendukung kita dalam kondisi terburuk kita.

Apakah anda pernah merasakan seseorang yang terus menopang anda, tidak menghakimi anda dan memberikan dorongan terus menerus ketika anda sedang lemah?? Itulah sahabat-sahabat anda. Mereka tulus memberi bukan hanya ketika anda memiliki bahkan ketika anda tidak memiliki apa-apa.

Jadilah sahabat yang seperti itu. Jadilah orang yang menolong dan selalu ada untuk orang-orang yang anda kasihi.

2. SESEORANG YANG BERANI MENEGUR DEMI KEBAIKAN.
Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah - Amsal 27:6
Pastikan ini yang ada di mindset ketika kita akan menegur seseorang, kita rindu melihat orang yang kita kasihi hidup didalam kehidupan yang penuh potensial didalam TUHAN.

Mungkin ketika dia berbuat dosa, atau dia sedang menjalin hubungan yang tidak membangun dengan orang lain, apapun itu, seorang sahabat harus mau menegur agar sahabat yang lain tidak mengalami hidup yang tanpa potensi!! Perlu masukan dan koreksi untuk membuat hidup kita lebih baik, terutama jika kita sadar kita masih belajar dan terus belajar.

Teguran dengan motivasi yang benar adalah dorongan untuk menjadikan orang lain untuk menjadi lebih baik.

Cara memberikan dorongan yang baik:
a. Jujur, murni tanpa manipulasi
Pujilah, tegurlah seseorang dengan jujur, murni tanpa manipulasi. We need to be real saat melakukan hal tersebut.

Ken Blanchett - Jika ingin mendorong seseorang menjadi lebih baik, tangkap orang tersebut saat melakukan kebenaran dan berikanlah pujian, maka orang tersebut akan terus melakukan kebenaran tersebut.

Sebaliknya saat ingin mematikan potensi orang lain, intimidasi mereka akan kesalahan mereka terus menerus!!

b. Sering
Berikan dorongan dengan konsisten dan terus menerus. Hargai kelebihan mereka.

Saat kita melakukan sebuah permainan kecil, yaitu memuji kelebihan orang lain, setelah selesai melakukan ketika saya bertanya kepada orang-orang yang dipuji, mereka merasa senang dan dalam pikiran mereka muncul keinginan untuk menjadi lebih baik lagi karena apa yang mereka lakukan menjadi dampak.

Jadi sering-seringlah memberikan dorongan dan pujian sebagai seorang sahabat yang baik.

c. Bisa dikenali
Berikanlah dorongan dengan jelas. Saat anda memuji orang pastikan kita melakukan dengan jelas.

Contoh : "Kamu baik" pujian atau dorongan seperti ini terlampau umum orang mungkin yang dipuji tidak merasakan adanya dorongan khusus.

"Aku kagum dengan ketekunanmu dalam dunia marketing, maka tidak heran jika kamu berhasil, hal ini memberikan aku inspirasi" Orang yang kita puji akan menerima sinyal yang jelas.

berikanlah dorongan yang bisa dikenali sehingga orang tidak menjadi bingung sedang dipuji atau disindir.

Kita tidak akan bertumbuh jika tidak menerima feedback, penting ada orang-orang yang selalu mengingatkan kita dan sebaliknya.

Aturan Menegur atau memberikan Feedback pada orang lain:

a. Saat memuji lakukan di depan orangnya dan didepan orang lain, tetapi saat menegur pastikan anda melakukan secara tertutup.

Saat menegur kita membicara kelemahan dan kekurangan orang lain, adalah baik jika dilakukan dengan tertutup, sehingga tidak mempermalukan orang tersebut, juga orang yang tidak perlu tahu tentang masalah tersebut juga tidak tahu.

b. Kita boleh menegur asal kita juga telah membuktikan bahwa kita siap untuk ditegur oleh orang yang akan kita tegur.

c. Teguran harus dilakukan saat orang tersebut sedang UP bukan DOWN.
Saat tahu teman kita menangis, maskara sudah luntur karena air mata, matanya sembab, mereka tidak BUTUH TEGURAN ATAU CERAMAH, yang mereka butuhkan adalah punggung untuk menangis, pelukan sebagai dukungan. Sebagai sahabat yang baik berikanlah hal tersebut.

Jika mereka sudah membaik kondisinya baru bicarakan hal-hal yang harus diperbaiki olehnya.


3. MENGAJARKAN YANG KITA KETAHUI UNTUK MEMBUAT ORANG LAIN BERTUMBUH.
Jangan pernah takut untuk membuat orang lain bertumbuh. Karena ketika kita membagikan semua yang kita miliki kita pasti akan juga maju terus untuk memperbaiki kualitas kita. Saat kita sudah berhenti maka kita tidak akan memiliki apapun untuk dibagi.

Kemurahan hati selalu dimanifestasikan dalam keinginan kita untuk memberi supaya kita memberkati orang lain.

Tipe teman seperti apa diri kita, akan menarik tipe-tipe yang sama dalam kehidupan kita. Jika orang yang murah hati, maka kita akan menarik orang-orang yang sama, tetapi jika kita adalah orang YANG PELIT, EGOIS, INGIN UNTUNG SENDIRI mungkin akan ada orang-orang murah hati akan ada dalam kehidupan kita tetapi mereka tidak akan bertahan selamanya.

Orang yang murah hati membuat kita mendapatkan sesuatu yang baik dan sebaliknya orang yang pelit/egois akan membuat kita terkuras energinya saat bersama mereka.

Pertanyaannya anda suka bergaul dengan tipe orang yang mana? Yang membuat anda menjadi lebih baik, bisa menaikkan level kehidupan anda, atau yang menguras energi anda karena selalu minta diperhatikan dan didengarkan???

Jika anda suka dengan orang-orang yg murah hati, JADILAH MURAH HATI. APA YANG ANDA TABUR AKAN ANDA TUAI. APA YANG INGIN ORANG LAKUKAN KEPADA ANDA LAKUKANLAH HAL TERSEBUT TERLEBIH DAHULU alkitab katakan.

Ciri orang pelit :
1. Selalu ingin menikmati tanpa membayar.
Pikirannya selalu didasari bagaimana bisa selalu dapat untung bagi dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Dalam Gereja ada orang-orang yang maunya menjadi jemaat, kalo disuruh pelayanan susahnya setengah mati, padahal gereja telah memberikan pengajaran dan komunitas yang baik, merekalah orang-orang yang pelit.

Mau jadi anak sel tetapi tidak mau jadi PKS.

Orang yang murah hati DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT bukan untuk melulu kepentingannya sendiri.

2. Lebih suka menangis dengan orang yang menangis daripada tertawa dengan orang yang tertawa.
Saat ada hal yang buruk mereka lebih mudah empati dan mungkin memberi tetapi karena kebutuhan. Penggerak mereka adalah adalah butuh atau tidak butuh.

Orang yang murah hati BERBUAT KEBAIKAN KARENA INGIN BERBUAT KEBENARAN!!

Generous People not give based on need, but because they want to give.

Generousity is attitude of heart.

Pastikan kita menjadi orang-orang yang generous, belajar untuk memberkati orang lain.

GBU

-- Source : Khotbah Ps. Jose Carol tentang HUBUNGAN



Komentar dan masukkan anda sangat saya harapkan. Leave comment please for my post.. Thx a lot

Masukkan email anda untuk berlangganan artikel dari Blog ini


TRANSLATE TO ENGLISH

No comments: