Wednesday, December 17, 2008

Memahami Pertumbuhan dan Multiplikasi Kelompok Sel


Khotbah Ps. Jonathan Setiawan

Satu pertanyaan yang paling sering muncul dalam benak seorang PKS adalah Bagaimana caranya saya mengembangkan kelompok sel? Bagaimana cara memultiplikasikannya? Beberapa orang mempunyai pemikiran yang keliru tentang memimpin kelompok sel, sehingga kelompok sel tersebut tidak bisa bertumbuh. Sebagian lagi tidak mempunyai gambaran sama sekali tentang memimpin kelompo sel, pokok hanya mengalir saja, akibatnya bertahun-tahun kelompok sel yang kita pimpin juga tidak pernah mengalami pertumbuhan, apalagi multiplikasi.

Itu sebabnya hari ini saya ingin membagikan Sharing Firman Tuhan yang sederhana tentang bagaimana memimpin, mengembangkan dan memultiplikasikan kelompok sel yang berhasil. Saya percaya kalau anda bisa memahami dan sungguh-sungguh melakukannya, kelompok sel anda tidak akan stagnasi, sebaliknya pertumbuhan pasti terjadi, multiplikasi pasti dahsyat, dan nama Tuhan dipermuliakan.

Pertama kita mulai dengan pertanyaan ini: Menurut anda seperti apa PKS yang berhasil itu? Kualitas-kualitas seperti apa yang harus dia miliki untuk menjadi seorang PKS yang berhasil? Sebagian orang berpikir bahwa PKS akan berhasil kalau PINTAR NGOMONG dan bisa KHOTBAH seperti Pdt Gilbert Lumoindong. Sebagian lagi berpikir bahwa PKS yang berhasil adalah yang punya KHARISMA besar seperti Pak Yosi atau Pak Hover dan staff gembala yang lain yang ada di gereja kita. Ada juga yang berpikir bahwa PKS baru bisa berhasil apabila dia memiliki ILMU THEOLOGI yang dalam sehingga bisa menang debat dengan semua anggotanya kalau pas sharing. Ada lagi yang berpendapat bahwa supaya PKS bisa berhasil, maka PKS tersebut harus orang yang punya latar berlakang PENDIDIKAN yang baik, ORANG KRISTEN LAMA yang sudah bertahun-tahun ke gereja, dst.

Semua pikiran itu tadi yang saya sebut sebagai ASUMSI YANG SALAH.
 Kalau seorang PKS harus pandai bicara, bagaimana dengan Pak Obaja yang pada awal pelayanannya saja tidak bisa menyelesaikan doa yang dia pimpin?!
 Kalau seorang PKS harus punya kharisma besar, bagaimana mungkin dalam gereja kita, justru orang-orang yang biasa yang ternyata paling banyak mengembangkan kelompok sel.
 Kalau seorang PKS harus mengerti theologi yang dalam, punya pendidikan yang baik, dan sudah jadi Kristen selama bertahun-tahun, kenapa justru orang-orang yang seperti itu malah banyak yang apinya sudah padam dan tidak pernah berhasil dalam pelayanan.

Artinya semua itu adalah asumsi yang tanpa kita sadari membentuk pola pikir kita tentang seorang PKS yang berhasil. Akibatnya secara tidak sadar kita mengusahakan dan membangun diri kita menjadi seperti itu, akan tetapi kita ternyata salah, bukan itu yang menyebabkan seorang PKS berhasil, akibatnya kelompok sel kita stagnan dan kita tidak tau apa yang harus kita perbuat.

Hari ini mari buka pemikiran dan hati, mari kita belajar bersama-sama bagaimana menjadi seorang PKS yang berhasil. Ingat berhasil atau tidaknya kelompok sel, paling ditentukan oleh pemimpinnya. Kalau kita mau membangun kelompok sel kita, kita harus membangun diri kita sendiri. Kalau kita mau menumbuhkan kelompok sel kita, tumbuhkan dirimu terlebih dahulu. Kalau engkau mau memultiplikasikan kelompok selnya, multiplikasikan kepemimpinanmu terlebih dahulu. Itu sebabnya hari ini kita akan berfokus pada KEHIDUPAN PKS YANG BERHASIL.















1. PKS yang berhasil adalah PKS yang BANYAK BERDOA.

a. Tolong dengarkan baik-baik sekali lagi kalimat itu: PKS yang berhasil adalah PKS yang banyak berdoa, bukan yang setuju bahwa doa itu baik, bukan yang ingin berdoa, bukan juga yang kadang berdoa. PKS yang berhasil adalam PKS yang banyak berdoa.

Bahkan Joel Comiskey pernah mengadakan penelitian bahwa PKS yang berdoa 1 jam sehari jauh lebih berhasil dalam memultiplikasikan kelompok selnya ketimbang PKS yang hanya berdoa kurang dari 30 menit saja. Semakin banyak waktu yang dihabiskan oleh seorang PKS untuk berdoa dan mendekat kepada Tuhan, semakin cepat pertumbuhan dan multiplikasi kelompok sel yang dipimpinnya.

b. Pertanyaanya kenapa? Bagi saya sederhana sekali:
 Mengapa orang pergi ke restoran? Untuk makan makanan yang enak. Kalau tidak dapat makanan di restoran atau kalau makanannnya tidak enak, maka dia akan pergi.
 Mengapa orang pergi ke bank? Untuk melakukan keperluannya yang berkaitan dengan keuangan. Kalau bank itu tidak bisa membantu atau semrawut dalam keuangan, para nasabah akan pergi dan meninggalkan bank tersebut.
 Mengapa orang pergi ke Fitness Center? Untuk olah raga. Kalau tidak ada peralatan olah raga yang baik dan suasana yang menyenangkan untuk berolah raga, maka Fitness Center itu akan ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Artinya segala sesuatu mempunyai PURPOSE-nya masing-masing. Semua ada dengan tujuannya masing-masing. Kalau tujuan tersebut bisa terpenuhi, bahkan lebih dari yang diharapkan, maka pertumbuhan pasti terjadi, mutliplikasi pasti terjadi.

c. Sama halnya dengan kelompok sel. Mengapa orang mau datang ke kelompok sel? Jawabannya supaya kehidupan rohani mereka bertumbuh. Selama orang-orang yang datang dalam kelompok sel bisa merasakan bahwa kehidupan rohani mereka bertumbuh, kebutuhan rohani mereka tercukupi dalam kelompok sel itu, maka pasti kelompok sel itu akan mengalami pertumbuhan dan multiplikasi.

Sebaliknya kalau anggota-anggota tidak merasakan pertumbuhan rohani melalui kelompok sel itu, maka lambat laun kelompok sel itu akan ditinggalkan dan akhirnya terjadi yang namanya stagnasi.
 Tidak peduli apakah ada konsumsi makanan yang melimpah, tetap saja kelompok sel itu tidak bertumbuh. Mungkin bisa saja bertumbuh, tapi bukan sebagai kelompok sel yang benar, tapi sebagai tempat kumpulnya orang lapar
 Tidak peduli apakah banyak acara refreshing yang diadakan, tetap saja kelompok sel tidak bertumbuh. Kalaupun bertumbuh, itu lebih sebagai kelompok bermain.
 Bahakan tidak peduli semenarik apapun ice breaker atau permainan yang ada dalam kelompok sel.

Itu semua adalah sesuatu yang baik (konsumsi, refreshing, dan ice breaker), tapi selama anggota kelompok sel tidak merasakan ada pertumbuhan rohani, maka kelompok sel tersebut akan sukar bertumbuh. Berbeda kalau pertumbuhan rohani sudah ada, maka yang namanya konsumsi, refreshing, dan ice breaker, serta yang lain-lain akan menjadi faktor pendukung untuk pertumbuhan kelompok sel.

d. Itu sebabnya mari kita periksa kelompok sel kita masing-masing. Apakah kita bisa melihat ada pertumbuhan rohani dalam kehidupan anggota kelompok sel kita? Apakah mereka menjadi lebih dekat dengan Tuhan? Apakah pengetahuan mereka terhadap Firman Allah bertambah? Apakah komitmen mereka kepada Tuhan semakin dalam? Dst. Kalau pertumbuhan rohani itu bisa mereka rasakan, saya percaya yang namanya pertumbuhan dan multiplikasi kelompok sel pasti akan terjadi sendiri dengan supernatural.










e. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana caranya supaya kehidupan rohani anggota kelompok sel kita bertumbuh? Bagaimana caranya supaya mereka dapat merasakan adanya kemajuan yang pesat dalam kehidupan rohani mereka? Jawaban saya sederhana:
 Ibaratnya sama seperti TANAMAN yang perlu iklim yang cocok untuk bisa bertumbuh. Kalau itu tanaman tropis maka tanaman itu perlu di tanam di daerah tropis untuk bisa bertumbuh dengan baik. Jika ia dipindah ke daerah kutub, artinya iklimnya salah maka ia akan mati. Demikian juga sebaliknya dengan tanaman kutub, kalau ia ditaruh di daerah tropis, ia akan mati. Tapi ketika ia di tanam di daerah kutub, maka ia akan bertumbuh dengan baik.
 Demikian pula halnya dengan restaurant, harus ada suasana yang baik, yang dapat membangkitkan selera makan untuk orang bisa menikmati makanan yang di hidangkan di tempat itu dan akhirnya restaurant tersebut bisa bertumbuh.
 Sama halnya dengan tempat kerja dan tempat belajar, hanya jika suasananya mendukung, maka kita bisa belajar dan bekerja dengan maksimal.

PADA INTINYA ADALAH SUASANA / ATMOSFIR. Demikian pula supaya kehidupan rohani anggota kelompok sel bisa bertumbuh dengan baik, syarat yang paling mutlak adalah harus adanya atmosfer rohani yang mendukung. Tanpa adanya atmosfer rohani yang mendukung, tidak peduli apapun yang kita katakan atau usahakan maka akan sangat sukar kehidupan rohani mereka akan bisa bertumbuh.

f. Dan cara yang paling efektif untuk membangun atmosfer rohani dalam sebuah kelompok sel adalah melalui kehidupan rohani PKS nya sendiri. Hanya dan hanya jika PKS nya mempunyai kehidupan rohani yang kuat dan suka berdoa maka transfer spirit itu akan terjadi, impartasi roh itu akan terjadi dan atmosfer rohani yang kuat akan tercipta dalam kelompok sel. Saat itulah kita akan melihat anggota kelompompok sel kita bertumbuh dalam kehidupan rohani mereka yang ujung-ujungnya menuntun pada multiplikasi kelompok sel yang dahsyat.

Jadi semuanya kembali pada kehidupan rohani PKS nya. Kalau PKS nya kurang atau tidak suka berdoa, tidak peduli apapun yang dia ajarkan maka impartasi roh yang kuat itu tidak akan terjadi. Sehingga berakibat anggota kelompok sel tidak mengalami pertumbuhan rohani yang pesat dan kelompok sel mengalami stagnasi.

Jadi mulai sekarang bangunlah kehidupan rohani yang kuat, banyaklah berdoa minimal 1 jam sehari, usahakan 3 jam sehari. Itu yang akan menciptakan atmosfer rohani yang kuat dan itulah yang akan membuat kelompok sel bertumbuh dan bermultiplikasi dengan dahsyat.


2. PKS yang berhasil adalah PKS yang bisa menyalurkan kasih Allah

a. Selain doa, salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan seorang PKS adalah apakah dia bisa menyalurkan kasih Allah kepada anggotanya atau tidak. Sadarlah bahwa kelompok sel memiliki sifat yang berbeda dengan ibadah Minggu.

 Ibadah Minggu lebih bersifat pada perayaan, jumlah yang hadir sangat banyak, pelayan musik dan pujiannya harus bagus dan berkualitas, pengkotbahnya harus berbobot, intinya ibadah Minggu lebih bersifat pada perayaan.
 Sangat berbeda dengan kelompok sel. Kelompok sel adalah kelompok yang kecil yang lebih mengutamakan pada hubungan, kedekatan, dan keintiman. Itu sebabnya kasih memainkan peranan yang sangat penting dalam kelompok sel. Ketika seorang PKS bisa menyalurkan kasih Allah itu kepada anggota-anggota kelompok selnya, maka pertumbuhan dan multiplikasi kelompok sel akan terjadi.












 Dalam ibadah raya pendeta berkotbah satu arah kepada jemaat yang hadir,
 tapi dalam kelompok sel PKS memberikan perhatian satu per satu pada anggota kelompok selnya dalam hubungan dua arah yang sifatnya mengutamakan perhatian dan kedekatan.

 Dalam ibadah raya gembala sidang melayani jemaat secara korporat,
 Tapi dalam kelompok sel PKS memberikan perhatian, menanyakan kabar, menanyakan apakah ada masalah dan memberikan konseling satu persatu pada anggotanya. Seorang PKS yang berhasil memberikan dirinya menjadi bapak rohani yang baik bagi anggota-anggota kelompok selnya. Seorang PKS yang baik membangun kedekatan dan hubungan secara lebih mendalam dengan anggota kelompok selnya.

Pada intinya fokus seorang PKS yang berhasil adalah untuk melayani dan menjawab kebutuhan anggota-anggota kelompok selnya.

b. Saya percaya ketika hubungan persaudaraan itu tercipta dalam kelompok sel, ketika kasih itu bisa dirasakan dan ketika perhatian itu ada, maka kelompok sel akan mengalami pertumbuhan dan multiplikasi yang luar biasa.

Sesungguhnya inilah yang menjadi penyebab kenapa PKS-PKS yang berhasil adalah orang-orang biasa yang tidak memiliki kehebatan secara istimewa atau karunia-karunia rohani yang luar biasa. Kekuatan mereka terletak pada hati mereka yang mengasihi. Dengarkan baik-baik, jika anda hanya memiliki hati yang mengasihi saja saya percaya pertumbuhan itu pasti akan terjadi dan akan ada banyak jiwa yang akan diselamatkan melalui kehidupan anda. Ayo kita kembangkan kasih dalam kelompok sel!

3. PKS yang berhasil adalah PKS yang bisa menolong anggota kelompok selnya untuk menemukan pelayanan mereka masing-masing.

a. Firman Tuhan berkata bahwa semua ranting-ranting yang menempel pada pokok anggur haruslah menghasilkan buah. Kita hanya memiliki 2 pilihan: menghasilkan buah atau dipotong dan dicampakkan. Orang Kristen sesungguhnya hanya memiliki 2 pilihan yaitu melayani Tuhan dan menghasilkan banyak buah bagi Kerajaan Allah atau pasif, tidak menghasilkan apa-apa dan akhirnya akan undur.

Artinya setiap anggota kelompok sel perlu untuk menemukan fungsi pelayanan mereka masing-masing dalam tubuh Kristus sehingga mereka dapat terus bertumbuh dan menghasilkan banyak buah dalam Kerajaan Allah. Disinilah peranan seorang PKS dibutuhkan. Kebanyakan anggota kelompok sel kita pada mulanya tidak tau apa yang harus mereka lakukan, pelayanan apa yang harus mereka kerjakan dan dimana mereka bisa terlibat. PKS yang baik adalah PKS yang bisa menolong mereka dan membantu mereka untuk menemukan fungsi mereka masing-masing dalam tubuh Kristus.

b. Dalam gereja kita ada banyak sekali jenis pelayanan:
 Ada pelayanan musik pujian: singer, BV, tamborine, dancers;
 Dept. publikasi: editing kotbah, design brosur;
 Pelayanan dalam ibadah: usher, kolektan, pendamping pendeta, pendoa syafaat, konsolidator untuk memfollow-up jiwa-jiwa;
 Pelayanan ESBC, konselor Encounter;
 Administrasi gereja dan SOM.

Saya percaya sampai sekarang masih terbuka lowongan yang lebar untuk pelayanan-pelayanan tsb. Bahkan seandainya sudah terlalu banyak orang yang terlibat dalam pelayanan-pelayanan tersebut, maka pelayanan kelompok sel adalah pelayanan yang tak pernah habis:









 Memimpin doa, sembah dan puji, sharing, ice breaker, menyediakan konsumsi, memberitakan Injil, menjadi PKS adalah pelayanan yang tidak terbatas.

Semakin dalam anggota kita terlibat pelayanan sesungguhnya semakin dalam pula akar dan komitmen mereka dalam gereja sehingga semakin banyak pula buah yang mereka hasilkan, inilah yang akan menciptakan pertumbuhan dan multiplikasi dalam kelompok sel.

c. Oleh karena itu sebagai PKS kita harus mendorong mereka untuk ikut SOM, Encounter dan ESBC. Disitulah dasar Kekristenan mereka akan dibangun dan mereka akan dipersiapkan secara lebih matang untuk terjun dalam pelayanan. Sementara itu kita harus membuka mata kita lebar-lebar untuk melihat talenta dan karunia mereka sehingga kita bisa mengarahkan mereka dan menemukan pelayanan yang tepat untuk mereka.

d. Ketika sebuah kelompok sel seluruh anggotanya terlibat di dalam pelayanan kelompok sel, maka otomatis kelompok sel tsb akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa.



Perhatikan baik-baik PKS-PKS dalam gereja kita yang bisa memultiplikasikan kelompok selnya lebih dari 3 saya yakin mereka pasti memiliki 3 karakteristik yang baru saja kita pelajari ini. Oleh karena itu, ijinkan Firman Tuhan menjadi rhema dan meresap sampai ke dalam hati anda supaya anda bisa melakukannya. Dan kelompok sel anda akan bertumbuh dan bermultiplikasi dengan dahsyat!






Komentar dan masukkan anda sangat saya harapkan. Leave comment please for my post.. Thx a lot

Masukkan email anda untuk berlangganan artikel dari Blog ini


TRANSLATE TO ENGLISH

No comments: