Thursday, July 17, 2008

Anda Tidak Bisa Miskin Lagi! 5

Anda Tidak Bisa Miskin Lagi! 5

IMAN DAN UCAPAN SYUKUR

Minggu ini kita masuk pada bagian terakhir dari seri khotbah ANDA TIDAK BISA MISKIN LAGI! Kita sudah belajar 2 hal penting dalam Perjanjian Berkat Allah:

1. Memberi.

2. Bekerja.

Itu sebabnya hari ini kita akan belajar 2 bagian yang terakhir dari Perjanjian Berkat Allah. Saya percaya bahwa sementara pengertian kita akan kebenaran Firman Allah diperdalam, dan kita sungguh-sungguh mempraktekkannya, maka kuasa Allah akan bekerja dan mujizat terjadi, berkat Allah dicurahkan sehingga anda tidak bisa miskin lagi!

3. Iman Kelimpahan.

a. Yang sedang kita pelajari saat ini adalah PERJANJIAN BERKAT ALLAH, bukan perjanjian manusia. Dan IMAN adalah BAHASA RESMI dalam PERJANJIAN BERKAT ALLAH. Kita tidak bisa berkomunikasi dengan Allah seperti dengan manusia. Ada perbedaannya. Sama halnya kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang Amerika dengan bahasa Indonesia. Selama bahasanya berbeda, maka komunikasi tidak akan terjadi. Komunikasi hanya terjadi kalau ada bahasa yang sama.

Dalam komunikasi dengan Allah, IMANLAH yang dipakai menjadi BAHASA RESMI. Artinya tanpa iman, tidak akan nyambung, tidak ‘connect’, tidak akan ada komunikasi, AKIBATNYA tidak ada Perjanjian, alias batal. Hanya orang yang tau bagaimana berjalan dengan iman sajalah, yang bisa nyambung dengan Allah, bisa hidup dalam Perjanjian Berkat Allah, dan karena itu bisa menerima berkat mujizat Allah yang luarbiasa.

b. Alkitab berkata bahwa tanpa iman, tidak mungkin kita berkenan di hadapan Allah. Berarti tanpa iman, pemberian kita juga tidak berkenan di hadapan Allah; tanpa iman, usaha pekerjaan kita, doa kita, puasa kita, dan segala sesuatu yang kita lakukan, tidak berkenan di hadapan Allah. Artinya tanpa iman, batallah Perjanjian Berkat tersebut. Itu sebabnya IMAN punya PERANAN YANG VITAL dalam Perjanjian Berkat Allah ini.

Ingat bahwa Abraham dibenarkan karena IMAN: Allah berfirman, maka percayalah Abraham, dan Allah memperhitungkan itu sebagai kebenaran. Hanya dan hanya dengan iman, manusia berkenan di hadapan Allah. Hanya dengan iman, doa kita didengar, puasa kita berkenan, taburan kita diterima, dan pekerjaan kita menyenangkan hati Allah. Itu sebabnya hari ini saya tantang saudara: Mari kita letakkan iman pengharapan kita kepada Tuhan, bukan pada diri kita, bukan pada orang lain, bukan pada orang kaya, bukan juga pada kekayaan atau keberhasilan, tapi hanya kepada Tuhan. Alkitab berkata: TERJADILAH SESUAI IMANMU!

c. FAKTA dan IMAN mempunyai PERSAMAAN dan PERBEDAAN. Persamaanya adalah kedua-duanya berbicara KENYATAAN. Tapi perbedaanya: Fakta adalah kenyataan intelektual, sedangkan iman adalah kenyataan rohani.

Kebanyakan orang hanya tau tentang kenyataan intelektual saja, yaitu: apa yang bisa kita lihat, bisa kita sentuh, dan bisa kita dengar – kita menyebutnya sebagai kenyataan.

Tapi yang seringkali tidak disadari kebanyakan orang adalah ada sebuah kenyataan lain yang lebih superior, lebih berkuasa, dan sesungguhnya kenyataan inilah yang menciptakan fakta. Itulah kenyataan rohani, yang kita sebut iman.

d. Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan BUKTI dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Apa itu BUKTI? Bukti adalah kenyataan. Dan bukti iman kitalah yang akan membuat segala sesuatu yang tidak kita lihat menjadi bisa kita lihat: kenyataan rohani menjadi kenyataan jasmani.

Ibrani 11:3 Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Imanlah yang akan mentransferkan kita dari alam natural ke alam supernatural. Imanlah yang akan memindahkan kita dari alam jasmani ke dimensi supernatural. Dan imanlah yang berkuasa untuk membuat apa yang tidak ada menjadi ada. Itu sebabnya, hanya orang yang berjalan dalam imanlah yang bisa melihat mujizat demi mujizat terjadi setiap saat dalam kehidupannya.

e. Kesaksian: Pembangunan Gedung Gereja Keluarga Allah Solo. Anggaran yang diperkirakan waktu itu Rp 40 Milyar. Padahal di rekening gereja hanya ada Rp 4 Milyar, itupun dana yang terkumpul selama 10 tahun. Coba tolong tanya kepada kontraktor manapun, ahli keuangan manapun, bankir manapaun, dan mereka akan komentar: ITU PROYEK GILA!

SALAH!!! Itu bukan proyek gila. Itulah iman. Kalau kita masih bisa melakukan sesuatu dengan kekuatan manusia kita sendiri, itu bukan iman. Itu hitungan matematika biasa. Justru iman diperlukan ketika kita melakukan sesuatu yang diluar kemampuan kita.

Pembangunan itu berjalan sekitar 2,5 tahun. Ada banyak tantangan dan pergumulan, tapi Allah tidak pernah terlambat, Dia setia menolong kita. Kadang-kadang saat pembayaran harus dilakukan, masih belum ada dana yang tersedia. Kalau Pak Obaja mikir seperti itu terus, bisa-bisa stress. Jadi akhirnya dia ambil keputusan: Saya tidak mau lihat lagi rekening gereja, pokok yang penting kalau saya tanda tangan cheque, harus cair. Dan pemeliharaan Allah sungguh sempurna, sampai sekarang ini, Allah selalu menyediakan semua yang dibutuhkan, bahkan lebih dari yang direncanakan.

Pembangunan yang semula ditaksir sekitar Rp 40 M sekarang meningkat banyak sekali menjadi Rp 60 M, itu belum termasuk tanah yang sudah kita punya sebelumnya dan gedung parkir yang masih kita doakan. Tapi seberapapun banyaknya, Allah tetap setia, berkatnya dia curahkan, dan mujizat terjadi secara dahsyat.

Kalau orang tanya: Kok bisa? Masak Rp 4 M bisa bangun Rp 60 M. Itupun Rp 4 M dikumpulkan selama 10 tahun dan Rp 60 M dikumpulkan hanya 2,5 tahun. Matematika dunia tidak sanggup menyelesaikannya, pakar keuangan manapun tidak sanggup memahaminya, HANYA IMAN YANG AKAN MELAKUKAN SEMUANYA dan iman itulah yang menggerakkan respon Tuhan untuk memerintahkan berkatNya tercurah dalam hidup kita.

f. Tidak ada sesuatupun yang bersifat mistis tentang mujizat dan tindakan Allah. Tindakan Allah adalah akibat dari kita melakukan Firman Allah dengan iman. Setiap tindakan Allah adalah respon dari Firman Allah yang ada di pikiran kita yang dimanifestasikan / dilakukan dengan iman. Kalau kita melakukannya, Allah tidak akan menipu, sebaliknya, Dia komit untuk melakukan semua yang sudah Dia sudah janjikan. Artinya kalau kita melakukan bagian kita dalam Perjanjian Berkat Allah dengan iman, maka Allah juga komit untuk melakukan bagiannya, dan berkat-berkatNya akan dicurahkan secara luarbiasa.

Tanpa iman, Perjanjian Berkat Allah akan menjadi tidak logis bagi kita, tidak masuk akal, dan tidak ada artinya. Tapi dengan iman, maka iman itulah yang akan memberi kuasa pada Perjanjian Berkat ini sehingga sungguh-sungguh terjadi. Imanlah yang membuat ayat-ayat itu berkuasa, sehingga kuasa mujizat Allah dinyatakan, dan berkat Allah dicurahkan berkelimpahan dalam hidup kita.

g. Iman adalah tiket kemenangan gereja Tuhan. Itu sebabnya iman kita selalu menjadi target serangan musuh. Jangan ijinkan iman kita menjadi filosofi. Jangan kecilkan iman anda sekedar menjadi prinsip-prinsip. Jangan membuang waktu untuk mendengarkan ‘tape’ atau membaca buku-buku motivasional. Saya punya sesuatu yang lebih superior dari itu semua, yaitu Firman Allah.

§ Tidak satupun dari buku-buku motivasional itu yang bisa menutup mulut singa-singa, tapi dengan iman Daniel melakukannya.

§ Tidak ada satupun dari kaset-kaset motivasional yang bisa menaklukkan tempat berapi, tapi dengan iman, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego melakukannya.

§ Tidak ada satupun dari buku-buku sekuler yang bisa mengajarkan kita bagaimana caranya memultiplikasikan 5 roti dan 2 ikan untuk memberi makan 5000 orang dan masih sisa 12 bakul, tapi dengan Iman Yesus melakukannya.

Rasul Paulus berkata: Aku tidak malu terhadap Injil Yesus Kristus, SEBAB INJIL ADALAH KEKUATAN ALLAH bagi setiap orang YANG PERCAYA. Bukan bagi yang mendengar, bukan juga bagi yang mengerti, bahkan bukan bagi yang hanya melakukan, tapi bagi yang percaya. ARTINYA KEKUATAN ALLAH AKAN MENJADI MILIK ORANG YANG PERCAYA. Bukan tindakan saja yang akan menghasilkan kuasa Allah. Tindakan kita yang disertai imanlah yang akan menghasilkan mujizat: menaburlah dengan imanlah, bekerja dengan imanlah, berdoa dengan imanlah – itu yang menghasilkan mujizat dalam hidup kita.

h. KITA TIDAK MUNGKIN MENYEJAJARKAN IMAN DENGAN FAKTA ATAU PRINSIP. Dengan iman, mulut singa ditutup. Coba pikir apakah ada prinsip yang bisa menutup mulut singa? Tidak! Tapi melalui iman, Daniel menutup mulut singa. Iman superior atas fakta dan prinsip. Bagaimana dengan Sadrakh, Mesakh, dan Abednego? Bisakah dijelaskan dengan ilmu pengetahuan? Tidak! Tapi dengan iman, mereka menaklukan tempat perapian itu. Tidak ada yang bisa menjelaskan kelahiran Ishak dengan usia Abraham dan Sara. Abraham punya fakta di kepalanya, tapi Abraham juga punya iman dalam hatinya – inilah yang bisa menjadikan Abraham sebagai Bapa Orang Beriman.

i. Kesaksian: Seorang anggota jemaat di gereja kita tergerak untuk membeli dan mengirimkan buku ANDA TIDAK BISA MISKIN LAGI kepada pamannya di luar kota. Ketika buku itu sampai, pamannya membaca itu, urapan Roh Kudus bekerja dan membuat kata-kata yang tertulis dalam buku itu seperti menjadi hidup. Dia berkata bahwa ada banyak sekali rhema Firman Allah yang dia dapatkan dan dengan antusias dia melakukannya.

Orang ini mempunyai usaha bengkel. Sebelum membaca buku ini, usahanya sedang bermasalah, bahkan dari yang saya dengar, untuk makan saja tidak cukup. Akan tetapi sejak buku itu sampai di tangannya, dia baca, dan dia lakukan dengan sukacita, tiba-tiba sesuatu terjadi. Berkat Allah dicurahkan secara berkelimpahan dan bengkelnya mengalami kemajuan sangat pesat.

Sampai-sampai suatu kali ketika mereka berbicara dengan anggota jemaat kita dan mereka mengetahui bahwa anggota kita ini sedang membutuhkan sepeda motor, mereka berkata: Nggak masalah, saya akan belikan dan kirimkan sepeda motor itu! Luarbiasa, ngasih buku, balik sepeda motor!

Saya percaya ketika orang itu membaca buku, imannya dibangkitkan, dia percaya dengan prinsip Firman Allah. Imannya itulah yang menggerakkan Allah, mujizat terjadi, berkat dicurahkan berkelimpahan dan dia jadi berkat bagi orang lain. Halleuya!

j. Applikasi:

§ Iman apa yang engkau miliki akan Tuhan lakukan untuk keuanganmu?!

§ Iman apa yang engkau punya akan pekerjaan dan bisnismu?!

§ Iman apa yang ada dalam hatimu tentang masa depanmu?!

Milikilah visi yang besar! Milikilah iman yang besar! Maka perkara besar, berkat besar, dan mujizat besar yang akan terjadi dalam kehidupanmu.

4. Ucapan Syukur.

a. Baca Mazmur 92:2-3 !!!

2 Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi, 3 untuk memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi dan kesetiaan-Mu di waktu malam.

Firman Tuhan mengajarkan: Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada Tuhan. Dengarkan baik-baik: UCAPAN SYUKUR ADALAH KEKUATAN SURGA UNTUK MENGUBAH KEADAAN. UCAPAN SYUKUR ADALAH KEKUATAAN KERAJAAN ALLAH UNTUK MENGUBAH KEADAAN.

Tidak ada keadaan apapun yang tidak bisa dirubah oleh kekuatan ucapan syukur. Ucapan syukur ibaratnya adalah tombolnya untuk mengubah keadaan. Situasi apapun dalam hidup anda, tidak ada yang tidak bisa dirubah oleh ucapan syukur.

§ Dengan kuasa ucapan syukur, keuangan anda akan berubah!

§ Dengan ucapan syukur, anda akan dipromosikan dalam pekerjaan anda!

§ Melalui ucapan syukur, akan terjadi ledakan dalam bisnis anda!

§ Melalui ucapan syukur, keluarga anda diselamatkan!

§ Dengan ucapan syukur sakit anda disembuhkan!

§ Dengan ucapan syukur, doa anda dijawab!

b. Baca Mazmur 92:11-16 !!!

11 Tetapi Kautinggikan tandukku seperti tanduk banteng, aku dituangi dengan minyak baru;

Melalui ucapan syukur, promosi dan peninggian dari Tuhan akan datang atas hidup kita! Sehingga tanduk kita akan seperti tanduk banteng. Tanduk banteng berbicara tentang kegagahan, kekuasaan dan kebesaran. Artinya ketika mulut kita penuh dengan ucapan syukur, maka Tuhan akan memberikan kegagahan, kekuasaan dan kebesaran dalam hidup kita!

Ucapan syukurlah yang memberi kita akses pada minyak baru, itulah urapan baru. Dan selama kepala kita dibasahi dengan minyak urapan yang baru, maka tidak akan ada yang bisa mengalahkan kita. Kita akan menjadi kekuatan yang tidak terhentikan dan tidak terkalahkan.

12 mataku memandangi seteruku, telingaku mendengar perihal orang-orang jahat yang bangkit melawan aku.

Bersatu jalan mereka mendatangi kita, bertujuh jalan mereka akan lari dari pada kita. Tidak ada orang yang sanggup untuk berdiri di hadapan orang yang diurapi Tuhan, itulah Firman Allah pada Yosua. Kalau urapan baru ada di kepala anda, tidak akan ada musuh yang sanggup untuk bertahan di hadapan saudara. Tuhan yang akan pergi berperang, memporak-porandakan dan menghancurkan mereka, dan memberikan kemenangan yang gilang gemilang kepada kita.

13 Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; 14 mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. 15 Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, 16 untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.

Orang yang hidup dalam pengucapan syukur, pada masa tuapun mereka masih berbuah, menghasilkan, memancarkan cahaya kemuliaan Allah. Semua yang mereka lakukan menjadi gemuk dan segar, artinya semakin berkembang dan diberkati berlimpah-limpah. Itu kekuatan mengucap syukur. Mengucap syukur mendatangkan berkat Allah dalam hidup kita.

c. Perhatikan ABRAHAM! Ketika dia sudah lanjut umurnya, Abraham masih belum juga punya anak. Akan tetapi Abraham tidak putus asa dan bersungut-sungut, sebaliknya Abraham memuliakan Allah. Dan karena itulah Tuhan mengaruniakan Ishak kepadanya. Belajarlah untuk memuliakan Allah!

d. Ingat tentang Kisah MUJIZAT 5 ROTI 2 IKAN?! Kapan mujizat itu terjadi? Apakah ketika anak itu mempersembahkan benihnya dan memberikan bekalnya pada Yesus? Tidak. Jadi kapan mujizat itu terjadi? Apakah ketika murid-murid Yesus kebingungan bagaimana mendapatkan makanan sebanyak itu untuk memberi makan 5000 orang? Tidak juga!

Periksa baik-baik: Mujizat terjadi ketika Yesus mengucap syukur! Ucapan syukur itu menjadi kuasa yang sangat dahsyat untuk mengubah situasi.

Tadinya mereka mengalami kekurangan, akan tetapi ketika kekuatan ucapan syukur dipakai, maka situasi berubah total secara drastis. Bukan hanya 5000 orang diberi makan sampai kenyang, tapi masih sisa 12 bakul. Melalui ucapan syukur kekurangan berubah menjadi kelimpahan.

Itu sebabnya ketika saya menaburkan benih persembahan saya kepada Tuhan, saya selalyu mengucap syukur atasnya, saya bersukacita bahwa Tuhan itu baik, dan saya berterima kasih karena Tuhan senantiasa setia untuk memultiplikasikan setiap benih yang saya tabur. Dan itulah yang sungguh-sungguh terjadi dalam hidup saya.

Sayangnya ada banyak orang Kristen yang menaburkan benihnya, tapi setelah itu suka bersungut-sungut. Bersungut-sungut tentang bisnisnya, usahanya, keuangannya, istrinya, pelayanannya, dst. Itu sebabnya multiplikasi tuaian benih tidak pernah terjadi dalam kehidupannya.

Jangan bergaul dengan orang yang suka bersungut-sungut. Bahkan di dalam gereja. Ada sebagian orang yang memberi masukan dan berjuang bersama-sama untuk membangun gereja. Itu baik! Tapi ada juga sebagian orang yang suka untuk bersungut-sungut terhadapa segala sesuatu: dari pujiannya, pengkhotbahnya, gembala sidangnya, staff gembalanya, keuangan gereja, usher dan kolektannya, dst. Orang seperti itu sukar untuk mengalami multiplikasi. Mengapa? Kekuatan ucapan syukur belum dia miliki. Hari ini buang jauh-juah sungut-sungut dari hidup anda, dan kenakan kata-kata ucapan syukur kepada Tuhan, maka lihatlah minyak yang baru Tuhan curahkan, kekuatan Tuhan akan mengalir, dan berkat-berkat berkelimpahan.

e. Masih ingat juga dengan kisah LAZARUS YANG SUDAH MATI 4 HARI DIBANGKITKAN KEMBALI. Istilahnya dalam kepolisian, KASUS DITUTUP. Bukan hanya dia sakit, tapi dia sudah mati. Bahkan bukan hanya sudah mati, tapi tubuhnya mulai membusuk, kembali menjadi tanah, dan sangat berbau. Itulah NASI SUDAH MENJADI BUBUR! Tidak ada lagi pengharapan. Tidak ada lagi yang bisa diperbuat. Tapi lihat apa yang dilakukan Yesus!

Baca Yohanes 11:41-44 !!!

41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: "Bapa, Aku MENGUCAP SYUKUR kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. 42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku." 43 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: "Lazarus, marilah ke luar!" 44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: "Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi."

Sekali lagi Yesus menggunakan salah satu senjata pamungkasnya: Yesus mengucap syukur dan Lazarus bangkit dari kematian! Orang yang tadinya menghina dan mengolok-olok perkataan Yesus, tapi melalui ucapan syukur, mereka melihat perbuatan Allah yang ajaib, dan mempermuliakan Allah.

Mungkin pernikahanmu sudah seperti Lazarus pada waktu itu. Mungkin keuanganmu juga sudah membusuk seperti Lazarus. Atau mungkin pekerjaan dan bisnismu yang sudah mati seperti Lazarus. Apapun situasi yang engkau hadapi, sadarlah bahwa ucapan syukur adalah kekuatan untuk mengubah situasi. Melalui ucapan syukur, Lazarus dibangkitkan. Saya percaya kalau engkau mengucap syukur, lazarus keuanganmu juga akan dibangkitkan. Lazarus bisnis dan pekerjaanmu akan dihidupkan kembali. Lazarus pernikahanmu juga akan dipulihkan! Mengucap syukurlah maka PERUBAHAN akan terjadi.

f. NUBUATAN:

§ Mengucap syukurlah, maka tahun ini akan menjadi tahun kebangkitan bagi bisnismu!

§ Mengucap syukurlah, maka engkau akan mengalami ledakan keuangan.

§ Mengucap syukurlah, maka pintu yang sudah lama tertutup itu akan terbuka!

§ Mengucap syukurlah dan lihatlah multiplikasi sedang terjadi.

No comments: