Thursday, July 10, 2008

Be A Star

Be A Star

Menjadi Bintang yang memuliakan Tuhan

Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Manusia adalah buatan Allah, yang dirancang untuk melakukan pekerjaan baik yang telah dipersiapkan Allah sebelumnya. Bahkan Allah mau setiap kita hidup didalamnya. Sehingga dari sini kita mengerti,

· manusia tidak lahir begitu saja dalam dunia tanpa tujuan yang jelas

Mazmur 139 13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

· Allah memiliki rencana atau rancangan, yang sudah dipersiapkan Allah sebelumnya

Ulangan 28 13TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,

Yeremia 29 11Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

· Ia mau setiap kita mencapai rancangan tersebut, karena rancangan Allah pasti yang terbaik lebih dari yang manusia bisa rancangan dalam hidupnya.

I Korintus 2 9Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

Kejadian 22:17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

Keturunan Abaraham akan menjadi 2 bagian yaitu :

· Bintang di langit

Sedikit dari yang sangat banyak jumlahnya. Maksudnya jika dibandingkan dengan pasir dilaut, maka jumlah bintang di langit masih lebih sedikit.

Bintang diartikan dengan sesuatu yang bersinar ditempat tinggi sehingga setiap orang dapat melihat sinarnya.

· Pasir di tepi laut

Pasir adalah Golongan rata-rata karena sangat banyak sekali tidak terhitung jumlahnya tempatnya ada dibawah.

Dari banyak contoh tokoh-tokoh Alkitab, maka bisa dilihat bahwa menjadi bintang atau menjadi pasir tergantung bagaimana kita meresponi panggilan Tuhan. Orang-orang yang bersungguh-sungguh akan menjadi golongan bintang, yang tidak sungguh-sungguh akan menjadi golongan pasir.

4 Langkah menjadi bintang :

1. Mengenal Tuhan dengan sungguh-sungguh

Kolose 1 : 16b segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. 17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia

Orang yang ingin menjadi bintang harus tahu TUJUAN HIDUPnya. Untuk apa dia diciptakan.

Ketika berbicara hidup yang memenuhi panggilan Tuhan, menjadi bintang, pribadi yang dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa, ini tidak berbicara tentang kita, tetapi tentang sebuah proyek besar seorang PENCIPTA terhadap makhluk CIPTAANNYA.

Jadi cara terbaik untuk mengetahui TUJUAN HIDUP kita, untuk apa kita diciptakan, maka tanyalah Sang Pencipta Hidup kita, yaitu Tuhan Allah.

Jika suatu kali kita melihat barang yang belum pernah kita lihat, maka kita tidak akan tahu apa manfaatnya dan barang tersebut juga tidak bisa memberi tahu. Hanya penciptaNya atau Buku panduan yang bisa mengungkapkan kegunaan barang tersebut.

Cerita : Tentang pengalaman teman dibandara.

Tanpa pengenalan dan takut akan Tuhan semua hal yang kita lakukan bahkan apa yang bisa kita peroleh dalam hidup akan menjadi sia-sia.

Cerita : Tentang raja Salomo yang memiliki segalanya, diakhir hidupnya dia menulis kitab yang berisi bahwa apa yang telah dicapainya sia-sia, tanpa Penciptanya.

2. Mengenal diri kita sendiri dan potensi diri kita

Mengetahui kelebihan dan kekurangan.

Mengetahui potensi-potensi yang kita menonjol dari diri kita, yang tidak semua orang memilikinya.

Cerita tentang temperamen :

Sanguin

[ + ] Tipe orang yang ceria, ribut, ramah

[ - ] orang yang susah konsentrasi, biasanya komitmennya terhadap sesuatu rendah, mudah merasa bosan.

Kholeris

[ + ] pemimpin, tegas, visioner, penggerak

[ - ] tukang berantem, perasaan tidak peka

Melankolis

[+] empathy, berbakat, cerdas, analisa yang baik

[-] perfeksionis, mudah tersinggung, amarah yang terpendam, pesimis

Phlegmatis

[+] sabar, pendamai, teman yang setia, tidak cepat bosan

[-] lamban, inisiatif kurang, cuek

Memiliki bakat, semua orang memilikinya, hanya saja memiliki bakat untuk menggambar tidak semua orang memilikinya.

Cari dalam dirimu bakat apa yang ada.

Tugas : pikirkan 5 kelebihan sifat yang kamu miliki dan mengucap syukur untuknya, mencari tahu bakat apa yang bisa kita kembangkan dari diri kita.

3. Mengetahui panggilan hidup kita

Allah adalah investor terbaik, panggilan kita tidak akan melenceng dari setiap hal-hal yang telah ada dalam hidup kita.

Contoh : Panggilan Daud à Raja penyembah

Musa à Gembala yang memimpin umat Israel untuk keluar dari mesir.

4. Menjalani proses untuk menjadi bintang

Ada waktu latihan.

I korintus 9:25 Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi.

9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.

Jangan pernah menganggap rendah setiap latihan-latihan dalam hidup kita, tempat dimana kita ditempatkan oleh Tuhan bisa jadi menjadi tempat yang akan membuat dasar hidup kita menjadi kuat dan kokoh.

Share about PMK Arstitika dan gimana Yafet latihan vokal

5. Setia sampai akhir

Galatia 6 : 9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Banyak orang sudah menjalani proses tetapi tidak pernah mendapatkan hasil karena ia tidak menyelesaikannya dengan baik. Atau ketika sudah sampai ia menjadi lemah, karena itu ketika kita sudah memulainya terus setia sampai akhir, sampai kita mendapatkan tuaian dari apa yang kita tabur dalam hidup kita.

No comments: