Wednesday, September 10, 2008

10 Hari Doa Puasa


 

Ps. Jonathan Setiawan


 

Pendahuluan:


 

Minggu ini kita semakin dekat dengan peristiwa kenaikan Tuhan Yesus yang akan kita rayakan Kamis mendatang. Setelah 3,5 tahun pelayanannya, Yesus disalibkan mati bagi kita, tapi kemudian Dia bangkit. Setelah kebangkitanNya, Yesus menampakkan diri kepada banyak murid-muridNya untuk memberikan bukti kebangkitanNya. Sesudah genap waktunya, Yesus terangkat ke Surga disaksikan oleh murid-muridNya. Sebelum Dia naik ke Surga, Dia memberi perintah kepada mereka untuk menantikan janji Bapa, yaitu Roh Kudus di Yerusalem. Jadi mereka mulai bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama selama 10 hari, dan pada hari ke-10 itulah PENTAKOSTA, Roh Kudus tercurah dengan dahsyatnya di tengah-tengah mereka. Sejak saat itu, kekristenan dilahirkan dan gereja dibangun menjadi kegerakan yang dahsyat di muka bumi ini.


 

Artinya peristiwa kenaikan Tuhan Yesus dan 10 hari penantian sampai Pentakosta ini adalah peristiwa yang sangat penting bagi kita semua sebagai gereja Tuhan. Oleh karena itu, saya percaya Tuhan berbicara dalam hati saya untuk mengajak seluruh jemaat tanpa terkecuali masuk dalam 10 HARI DOA PUASA. Hari Kamisnya, kita merayakan kenaikan Tuhan Yesus dalam 3 kali ibadah (08.00; 11.00; 17.00) dan anda bisa memilih. Hari Jumatnya kita mulai 10 Hari Doa Puasa ini sampai Hari Minggu depannya.


 

Caranya puasa sangat mudah, waktu bangun tidur jangan makan apapun sampai jam 4 sore. Lewat jam 4, kita bisa makan dan persiapan untuk ibadah jam 6 sorenya. Kalau anda adalah seorang pemula yang baru pertama kali puasa mungkin bisa buka puasa jam 1 siang. Mungkin ada pertanyaan: Boleh minum atau tidak? Terserah dengan komitmen anda masing-masing. Kalaupun tidak lebih baik, tapi kalau minum saya anjurkan air putih saja untuk menjaga maag kita.


 

Mungkin anda berkata: Pak, apa saya bisa menjalani 10 hari doa puasa? Justru ini adalah sebuah tantangan dan saya percaya kalau anda mau menjalani dengan sungguh-sungguh pasti bisa berhasil dan kita akan melihat kuasa Allah dinyatakan dalam kehidupan kita.


 

Saya merasakan Roh Kudus bicara dalam hati saya bahwa banyak di antara jemaat yang mau meresponi 10 hari doa puasa ini akan mengalami LOMPATAN ROH yang luarbiasa, kehidupan rohani mereka akan bertumbuh dengan sangat cepat. Bukan hanya itu saja tapi banyak yang akan merasa ketika membaca atau mendengarkan Firman Allah, tiba-tiba MATA ROHANI dicelikkan dan pewahyuan-pewahyuan baru Tuhan berikan. Dan pasti-pasti, banyak yang akan mengalami kuasa mujizat yang luarbiasa. Siapa yang siap untuk menerima tantangan 10 hari doa puasa ini?


 


 


 


 


 


 


 

Isi:


 

Kuasa yang dihasilkan Doa Puasa:


 

  1. Membawa pengurapan Tuhan turun atas hidup kita.


     

    1. Baca Matius 17:14-21 !!!

      14 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,

      15 katanya: "Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air.

      16 Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya."

      17 Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!"

      18 Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga.

      19 Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?"

      20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

      21 (Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.)"


       

    2. Dari kisah ini kita bisa belajar sedikit rahasia di balik kuasa dan pengurapan yang dimiliki oleh Yesus. Anak yang sama dilayani oleh murid-muridNya, tidak terjadi apa-apa. Tapi ketika Yesus berdoa, tiba-tiba dengan mudahnya anak tersebut dilepaskan dari Setan yang membelenggunya selama ini. Dimana letak perbedaannya? Perhatikan ayat 21: Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.


     

    1. Artinya ketika kita berdoa puasa, ada suatu TAKARAN KUASA PENGURAPAN yang lebih yang Allah curahkan dalam roh kita. Semakin kuat kehidupan doa puasa kita, semakin dahsyat pula urapan Allah bekerja dalam hidup kita. Semakin besar pengurapan Allah dalam hidup kita, semakin berkuasa pula doa dan perkataan kita.
  • Kalau kita melayani jiwa yang terhilang atau mengajak orang datang ke gereja, perkataan kita jadi jauh lebih efektif dan lebih mudah untuk menyelamatkan mereka.
  • Kalau kita berdoa untuk keluarga (suami/istri/anak/ ortu), kita akan melihat jawaban doa yang lebih cepat dan berkuasa. Mungkin jenis suami anda harus dilayani dengan doa puasa.
  • Kalau anda berdoa untuk studimu, justru melalui doa puasa Tuhan akan memberikan pikiran yang lebih tajam dibandingkan teman-teman anda sehingga studimu jauh lebih cepat untuk selesai dengan baik. Masih ingat Daniel yang suka berpuasa ternyata jauh lebih berhikmat daripada orang-orang pintar di seantero negeri itu.
  • Kalau anda berdoa untuk pekerjaan atau bisnis, anda akan melihat turut campur tangan Tuhan untuk memberikan promosi, membuka jalan, memberikan pertumbuhan dan keberhasilan.


 

  1. Intinya puasa membawa kuasa urapan Allah turun dalam hidup anda. Bahkan saya sempat mempelajari kisah hidup jendral-jendralnya Allah yang dipakai secara luarbiasa untuk pelayanan kesembuhan ilahi pada jaman mereka. Ada satu kemiripan yang saya jumpai ketika mereka bersaksi bagaimana pertama kali kuasa kesembuhan ilahi itu turun atas hidup mereka sehingga melalui pelayanan mereka banyak orang disembuhkan dan mujizat terjadi dengan dahsyat – biasanya semua itu dimulai ketika mereka menjalani doa puasa selama 40 hari. Dalam waktu-waktu itu biasanya mereka mengusukkan diri untuk berdoa puasa dan tidak bersedia diganggu oleh siapapun dan apapun juga. Pada waktu-waktu itulah, mereka banyak bersekutu intim dengan Tuhan, membaca Firman, mendengar suara Tuhan. Makin hari Roh Kudus makin penuh melimpah dalam hidupnya. Tanpa terasa 40 hari lewat begitu saja dan setelah itu tiba-tiba ketika mereka mulai melayani orang lain, kuasa Roh Kudus yang ada dalam diri mereka bekerja dengan begitu lancarnya dan mujizat terjadi dengan dahsyatnya. Semua dimulai dengan puasa.


 

  1. Jadi kalau ada doa-doa anda yang belum dijawab Tuhan, mungkin anda perlu masuk sungguh-sungguh dalam 10 hari doa puasa, kalau mau 40 hari silahkan. Mungkin jenis permohonan anda perlu disertai dengan doa puasa. Tapi ingat ketika puasa, jangan terlalu sibuk sehingga tidak bisa berdoa sama sekali, nanti percuma. Bagaimana caranya puasa kita bisa efektif? Bangun lebih PAGI sehingga punya banyak waktu untuk berdoa (minimal 1 jam tiap pagi). Pada waktu SIANG, gunakan jam makan untuk berdoa dan membaca Firman. SORE jam 4 buka dan persiapan untuk ibadah jam 6 di gereja. MALAM sempatkan doa sebentar dan baca Firman lagi. Lakukan itu selama 10 hari dan lihatlah kuasa Allah akan bekerja dengan cara yang dahsyat dalam hidup anda.


 


 

  1. Menarik kemuliaan Allah dinyatakan atas kita.


     

    1. Suatu kali diadakan sebuah penyelidikan mengapa daerah tropis mempunyai curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan daerah-daerah lain. Ternyata dalam penelitian itu ditemukan bahwa alasan curah hujan daerah tropis lebih banyak curah hujannya adalah karena keberadaan dari hutan tropis yang dipenuhi dengan pohon-pohon hijau yang sangat lebat. Pohon-pohon hijau inilah yang menarik hujan untuk mendekati mereka, sehingga dimana saja ada pohon-pohon tropis lebat yang menghijau, daerah tersebut akan mempunyai curah hujan yang tinggi.


     

    1. Berapa banyak yang rindu melihat Kota Jogjakarta dan Indonesia mengalami kegerakan rohani yang lebih dahsyat dibanding daerah-daerah lain? Siapa yang rindu terjadi hujan pertobatan keselamatan besar-besaran di kota ini? Jawabannya sederhana: sama halnya dengan pohon hijau yang menjadi daya tarik tersendiri bagi hujan, demikian juga doa puasa akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kegerakan rohani. Kalau seluruh jemaat di gereja ini masuk dalam 10 hari doa puasa, saya percaya MATA TUHAN akan segera tertarik dengan KEHAUSAN besar-besaran yang ada di gereja kita dan kegerakan rohani yang sekarang ini sedang terjadi di tengah-tengah kita akan terjadi dalam skala yang jauh lebih dahsyat mengguncangkan Kota Jogjakarta ini.


     

    1. Masih ingat dengan Niniwe? Baca YUNUS 3:4-8 !!!

      4 Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: "Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan."

      5 Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung.

      6 Setelah sampai kabar itu kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di abu.

      7 Lalu atas perintah raja dan para pembesarnya orang memaklumkan dan mengatakan di Niniwe demikian: "Manusia dan ternak, lembu sapi dan kambing domba tidak boleh makan apa-apa, tidak boleh makan rumput dan tidak boleh minum air.

      8 Haruslah semuanya, manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah serta haruslah masing-masing berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dan dari kekerasan yang dilakukannya.

      9 Siapa tahu, mungkin Allah akan berbalik dan menyesal serta berpaling dari murka-Nya yang bernyala-nyala itu, sehingga kita tidak binasa."

      10 Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Iapun tidak jadi melakukannya.


       

    2. Kota yang sudah dijatuhi keputusan Allah akan dihancurleburkan saja bisa diampuni karena semua penduduk tanpa terkecuali bahkan ternaknya ikut doa puasa, apalagi Kota Jogjakarta. Seandainya seluruh JEMAAT KELUARGA ALLAH tanpa terkecuali mau ikut doa puasa, saya percaya kita akan melihat kemuliaan Allah dinyatakan dan hujan pertobatan besar-besaran akan terjadi.


     


     

  2. Mengalahkan serangan Setan atas hidup kita.


     

    1. Baca 2 Tawarikh 20:1-4, 14-15, 20-25, 30.

      1 Setelah itu bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat bersama-sama sepasukan orang Meunim.

      2 Datanglah orang memberitahukan Yosafat: "Suatu laskar yang besar datang dari seberang Laut Asin, dari Edom, menyerang tuanku. Sekarang mereka di Hazezon-Tamar," yakni En-Gedi.

      3 Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.

      4 Dan Yehuda berkumpul untuk meminta pertolongan dari pada TUHAN. Mereka datang dari semua kota di Yehuda untuk mencari TUHAN.


       

      14 Lalu Yahaziel bin Zakharia bin Benaya bin Matanya, seorang Lewi dari bani Asaf, dihinggapi Roh TUHAN di tengah-tengah jemaah,

      15 dan berseru: "Camkanlah, hai seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem dan tuanku raja Yosafat, beginilah firman TUHAN kepadamu: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.


       

      20 Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!"

      21 Setelah ia berunding dengan rakyat, ia mengangkat orang-orang yang akan menyanyi nyanyian untuk TUHAN dan memuji TUHAN dalam pakaian kudus yang semarak pada waktu mereka keluar di muka orang-orang bersenjata, sambil berkata: "Nyanyikanlah nyanyian syukur bagi TUHAN, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!"

      22 Ketika mereka mulai bersorak-sorai dan menyanyikan nyanyian pujian, dibuat Tuhanlah penghadangan terhadap bani Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah.

      23 Lalu bani Amon dan Moab berdiri menentang penduduk pegunungan Seir hendak menumpas dan memunahkan mereka. Segera sesudah mereka membinasakan penduduk Seir, mereka saling bunuh-membunuh.

      24 Ketika orang Yehuda tiba di tempat peninjauan di padang gurun, mereka menengok ke tempat laskar itu. Tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran di tanah, tidak ada yang terluput.

      25 Lalu Yosafat dan orang-orangnya turun untuk menjarah barang-barang mereka. Mereka menemukan banyak ternak, harta milik, pakaian dan barang-barang berharga. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya.


       

      30 Dan kerajaan Yosafat amanlah, karena Allahnya mengaruniakan keamanan kepadanya di segala penjuru.


       

    2. Pada waktu itu Yosafat dan seluruh bangsa Israel sedang dalam keadaan sangat terdesak karena serangan Bani Amon, Bani Moab, dan Orang Meunim. Secara manusia tidak mungkin bagi mereka untuk menang, kekuatan musuh terlampau besar bagi mereka. Sudah pasti mereka akan melihat kehancuran dan penderitaan yang hebat di negeri mereka.


       

      Akan tetapi dalam keadaan terdesak seperti itu, bangsa Israel harus bersyukur karena mempunyai pemimpin yang lebih takut pada Tuhan dibandingkan pada manusia. Yosafat mengajak seluruh penduduk Yehuda untuk berdoa puasa dihadapan Allah. Mereka meresponi dengan sungguh-sungguh dan mulai berdoa puasa dan berseru dengan suara nyaring kepada Tuhan.


       

      Saat mereka mulai berdoa puasa dan memuji bersorak dengan nyaring kepada Tuhan, saat itulah Allah mulai bekerja dan membuat penghadangan bagi Bani Amon, Bani Moab, dan penduduk pegunungan Seir. Mereka bertempur satu dengan yang lain sampai semuanya binasa tanpa tersisa. Ketika pasukan Israel sampai di tempat itu, mereka tidak perlu lagi bertempur karena Tuhan sudah memenangkan peperangan bagi mereka dan mereka mendapatkan jarahan dalam jumlah yang luarbiasa banyaknya.


       

      Melalui DOA PUASA, MALAPETAKA diubahkan menjadi BERKAT melimpah.


     

    1. Penderitaan yang dialami manusia terjadi karena beberapa sebab: proses Tuhan, kebodohan sendiri, dosa, serangan Iblis. Untuk yang terakhir, kita tidak boleh tinggal diam begitu saja, kita harus bangkit dan melawan Iblis dengan DOA PUASA. Mungkin saat ini persoalan dan permasalahan yang anda hadapi rasa-rasanya diluar kemampuan dan kekuatan manusia – tidak ada jalan keluar.


     

    1. Kalau anda mengalami hal seperti itu, ingatlah yang sudah dialami oleh Yosafat. Ajaklah seluruh anggota keluarga anda untuk masuk dalam 10 hari doa puasa. Rendahkan dirimu dihadapan Tuhan, sungguh-sungguh berserulah kepada Tuhan, saya percaya peperangan itu bukan kita lagi, tapi Allah yang berperang bagi kita. Saya percaya kita akan mendengarkan banyak sekali kesaksian mujizat-mujizat yang sangat ajaib terjadi saat kita berdoa puasa.


 

  1. Kesaksian: Ada sebuah keluarga yang sedang mengalami krisis keuangan, dimana mobil satu satunya yang mereka punyai akhirnya harus di jual. Keluarga ini sudah tidak punya apa - apa, rumah yang mereka huni juga hasil pemberian orang lain, yang benar - benar milik mereka hanya mobil tersebut. Karena biaya hidup dan biaya kuliah anaknya harus ditanggung, mereka akhirnya memutuskan untuk menjual mobil tersebut. Akhirnya mobil tersebut terjual kepada orang lain dengan harga yang cukup tinggi. Tetapi akibatnya mereka tidak punya kendaraan lagi. Salah satu anak mereka, berdoa sungguh - sungguh, dia berdoa puasa selama 1 bulan supaya mujizat terjadi, keuangan keluarga mereka diberkati. Teryata tidak lama kemudian, orang yang membeli mobil mereka, tiba - tiba datang, dengan membawa mobil baru dan dia memberikan kepada keluarga tersebut. Seluruh keluarga terkejut, karena mereka sama sekali tidak mengenal orang tersebut, kenapa dia mau membeli mobil tua mereka dengan harga yang tinggi plus memberi mereka mobil yang baru. Dengan adanya kejadian tersebut, dengan doa puasa salah satu anak mereka, seluruh keluarga yang tadinya tidak mengaku Yesus, keluarga tersebut dipulihkan dan mengikut Yesus.


 


 


 

Penutup:


 

Mari masuk dalam gerakan 10 Hari Doa Puasa !!!

No comments: