Tuesday, September 2, 2008

Persiapan Menjadi Song Leader

By Jafeto

1. Pendahuluan – Song Leader dalam Ibadah Mempunyai Peranan Penting

Dalam suatu ibadah diperlukan beberapa peran untuk membawa jemaat untuk masuk ke dalam hadirat Allah. Selain Penyampaian Firman Allah didalam suatu ibadah ada satu bagian lagi yang berperan penting yaitu Pujian dan Penyembahan.

Dalam pujian dan Penyembahan perlu adanya seorang yang memimpin pujian dan penyembahan yang sekarang ini disebut sebagai pemimpin pujian atau song leader. Dalam tulisan ini akan lebih difokuskan bagaimana menjadi seorang Song Leader yang baik yang bisa membawa penyembahan menjadi suatu totalisme sikap hati yang benar dari dirinya dan orang-orang yang akan dipimpin masuk kedalam hadirat Tuhan. Antara memberikan pujian dan penyembahan dengan mendengarkan Firman Allah mempunyai bagian yang sama penting. Dalam beberapa bagian Alkitab kita diberikan beberapa contoh bahwa Bangsa Israel dikuduskan kemudian melalui imam yang telah ditunjuk memberikan korban kemudian baru Allah berbicara kepada Bangsa Israel. Bagian dikuduskan dan memberikan korban itulah yang sekarang diadopsi dalam bentuk pujian dan penyembahan yaitu waktu untuk mempersiapkan diri bertemu dengan Allah.

Oleh karena itu pujian dan penyembahan menjadi faktor yang sama penting untuk jemaat dalam satu rangkaian ibadah. Kemudian dalam pujian penyembahan biasanya dibawakan oleh 1 team pujian penyembahan yang terdiri dari Song Leader, Singer dan Team Musik.

Peranan Song Leader menjadi sangat penting karena Song leader menjadi kunci dari team pujian penyembahan hal ini dikarenakan Song Leader langsung berhadapan dengan jemaat, song leader diharapkan bisa membawa dan memotivasi jemaat untuk masuk dalam pujian dan penyembahan.

2. Isi – Persiapan untuk menentukan hasil dari sebuah Pelayanan Pujian Penyembahan.

Untuk persiapan ada 3 hal yang perlu dipersiapkan, seperti yang diketahui bahwa manusia terdiri dari 3 bagian yaitu tubuh,jiwa dan roh.[1] Maka untuk menjadi seorang song Leader kita harus mempersiapkan tubuh jiwa dan roh kita sebagai dasar persiapan yang utama dalam pelayanan kita.

a. Persiapan Tubuh

Sebelum menjadi seorang song leader perlu diingat juga bahwa sebagai manusia kita mempunyai keterbatasan masalah fisik, jadi untuk persiapan ini yang perlu dilakukan adalah :

Ø Jangan minum es à Karena ini seringkali membuat kualitas suara kita menurun

Ø Istirahat yang cukup à jgn begadang dan melakukan hal-hal yang membuat badan terforsir karena hal ini akan mempunyai pengaruh terhadap badan kita.

Ø Usahakan Makan sebelum maju pelayanan à Perlu diingat menyanyi itu membutuhkan tenaga yang cukup banyak, jadi makan untuk memberi tenaga buat badan kita itu sangat diperlukan. Jangan sampai justru pelayanan kita tidak memberkati orang lain karena kita memimpin pujian dalam keadaan lapar sehingga kita tidak bersemangat(Jangan terlalu asyik doa sampai lupa makan)

Ø Bawalah persediaan air putih yang cukup baik ketika latihan ataupun ketika sudah melayani untuk menjaga kondisi tenggorokan kita.

b. Persiapan Jiwa

Jiwa ini lebih mengarah pada masalah emosional atau temperamen seseorang, banyak orang bilang mood. Untuk persiapan bagian ini tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda tetapi yang penting usahakan untuk sesedikit mungkin menyinggung hal-hal yang bagi anda cukup sensitif terhadap perasaan anda, ketika anda akan pelayanan, dan masing-masing pribadi mempunyai masalah yang berbeda-beda dalam hal ini.

c. Persiapan Roh

Lebih dari dua persiapan diatas menurut saya bagian ini adalah bagian persiapan yang paling penting sehingga bagian ini tidak boleh diabaikan sama sekali. Prinsip dari setiap pelayanan apapun juga, Pelayanan tersebut kita lakukan karena kita mengasihi Tuhan dan ingin menyenangkan hatiNya dengan taat dan setia. Hal-hal yang menjadi referensi untuk bagian ini adalah (anda boleh menambahkan point-point penting lainnya) :

Ø Mengisi bejana pengurapan kita

Maksudnya adalah sebelum melayani orang lain, persiapkan diri anda dengan datang kepada Tuhan untuk mengasihi Dia dan meminta tuntunanNya tentang apa yang harus dilakukan.[2]

Lalu wujud konkretnya apa? BERDOA. Dengan berdoa anda tidak hanya sedang menyenangkan hati Allah saja tetapi juga memberkati diri anda karena Doa adalah kunci penting dalam pelayanan. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah fokus dalam berdoa, karena kita tidak sedang dalam tujuan untuk diri kita tetapi untuk pelayanan maka minta Roh Kudus untuk menunjukkan hal-hal apa yang harus dipersiapkan dalam doa kita. Tetapi saya secara umum membaginya sebagai berikut:

1. Kesiapan hati seluruh team pujian dan penyembahan

2. Kesiapan jemaat untuk masuk dalam pujian dan penyembahan.

3. Lagu – lagu yang telah dipilih doakan agar memberkati setiap orang-orang yang mengikuti pujian penyembahan



[1] Lihat 1 Tes 5 : 23

[2] Lihat Matius 15 : 23

No comments: