Wednesday, September 10, 2008

DOA PUASA

Ps. Jonathan Setiawan




PENDAHULUAN:

Hari ini kita akan pelajari suatu hal yang sangat penting sekali untuk pertumbuhan rohani kita yaitu berdoa puasa. Apa dan bagai mana doa puasa itu? Sehingga kita bisa melakukannya dan mendapat anugrahnya.




ISI:




1.
Apa faedahnya kalau kita berdoa puasa?
1.
Membuat Tubuh menjadi sehat. Saat ini di Indonesia kita sulit sekali menemukan orang yang mati karena kurang makanan, tapi kita mudah sekali dapat menemukan orang yang mati karena kelebihan makanan.[kolestrol, gula, asam urat dll] Dengan berdoa dan puasa kita bisa mengurangi kelebihan makanan sehingga kita sehat. 1.
Maz 109:24 – membakar lemak => daripada diet lebih baik puasa (Sedot Lemak ala Hotel Horison). 2. Pak Obaja Dulu Triglisit 356, tapi setelah
doa puasa sembuh menjadi 170.

Maz 109:24 Lututku melentuk oleh sebab berpuasa, dan badanku menjadi kurus, habis lemaknya.



2.
Melemahkan kedagingan dan menguatkan kerohanian kita. Sebab waktu kita puasa daging kita menjadi lemah; tetapi waktu kita doa, roh kita menjadi kuat. Sehingga hidup kita dan pelayanan kita penuh dengan kuasa Roh Kudus. Gal 5:16-17 – Contoh: Sate kambing; B2 Ucok

16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging—karena keduanya bertentangan—sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.



3.
Membangun kepekaan telinga rohani kita. waktu kita berdoa puasa, kita bisa mendengar perkataan Roh Kudus dengan baik




1.
Mengalahkan kuasa setan. Mat 17:14-21 menjelaskan ada jenis setan yang tidak bisa diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa. Banyak orang sebelum jadi Kristen berani untuk nglakoni puasa, tapi setelah jadi Kristen malah loyo. Kenapa? Setan tidak ingin kita menggunakan kuasa dalam doa puasa.

1.Yudi yang punya banyak ilmu (anak Pak Edi dan Bu Sianne) dilepaskan dari roh jahat — bisa makan kaca, orang tua sedih minta didoakan Pak Obaja, disuruh doa puasa 7 hari, suatu malam Pak Edi menyembah, ada suara – ternyata Yudi menjatuhkan belati, kerasukan Setan, dilayani dan didoakan, ditanya kenapa, hampir seminggu kepanasan terus, waktu Pak Edi Menyembah, Yudi kesakitan dan kepanasan luarbiasa, nyebur bak mandi tetap panas, akhirnya roh jahat menguasai dia untuk membunuh orang tuanya sendiri, tapi kuasa Roh Kudus menghancurkan kuasa roh jahat.




1.
Mendatangkan Mujizat
– kesaksian: GBI Keluarga Allah Jogja menemui kesulitan di perijinan untuk memakai lantai atas Rumah Makan Adem Ayem, tapi dengan doa puasa, selesai dengan cepat.




1.
Mendatangkan pengampunan dan keselamatan.

- Kota Niniwe. Yun 3:1-10 - raja kota niniwe menggerakan seluruh rakyatnya untuk berdoa puasa, sehingga hati Allah tersentuh.

- Jaman Ester [4:3+16 => 7:9-10=> 9:1] .umat Allah juga terancam, tapi waktu ratu Ester menggerakan umat Allah untuk berdoa dan puasa, maka Allah bergerak menolong mereka, bahkan orang-orang yang ingin mencelakakan mereka mengalami kehancuran.







1.
Bagaimana caranya Berdoa puasa itu?
1.
Berpuasa itu adalah berdoa dan berpuasa. Jadi bukan hanya berpuasa, maka kita harus gunakan banyak waktu kita untuk berdoa sewaktu berpuasa.
2.
Berpuasa dapat dilakukan dengan tidak makan dan tidak minun atau hanya tidak makan tapi minum air putih .
3.
Kadang-kadang dilakukan mulai tidur malam sampai siang atau sampai sore atau ada yang tidak makan sama sekali. [yang sering dilakukan adalah tidak makan dan tidak minum sampai sore hari]
4.
Jangka waktu berdoa puasa bagi orang Kristen ada yang 1 hari , 3 hari [ Paulus=Kis 9:9, Ester], 7 hari Daud, 21 hari [ Daniel 10:3], 40 hari [Musa, Tuhan Yesus] atau 1hari dalam satu minggu dll.




1.
Apa yang harus diperhatikan kalau kita berdoa puasa.
1.
Punya tujuan yang Jelas. Misalnya untuk jiwa-jiwa yang diselamatkan, Gereja dan kelompok sel, Bangsa dan Tanah air, Keluarga, pekerjaan,sekolah, kebutuhan dan masalah-masalah yang kita hadapi DLL. Pembangan gedung gereja kita & HUT Gereja.



1.
Jangan memikirkan makanan waktu kita berdoa puasa. sebab waktu kita memikirkan makanan, maka lambung kita akan mengeluarkan asam yang membuat sakit. Contoh: 1. Ada yang tidur larut malam supaya jarak waktunya tambah pendek untuk makan di esok harinya – sebenarnya ini malah akan menambah lapar. 2. Ada juga yang sudah puasa seharian, sorenya balas dendam makan habis-habisan.




1.
Buang segala dosa dan hal-hal yang tidak baik.




1.
Merendahkan diri dihadapan Tuhan.




1.
Berdoa dengan sungguh-sungguh, sehingga kita miliki doa yang penuh kuasa. Kesaksian: Waktu Pemilu tahun 1987 di Malaysia, pastai yang menang adalah yang anti Kristen. Akibatnya Kekristenan mulai ditekan dan seingat saya banyak pendeta yang ditangkap dan dipenjarakan, serta sebagian gereja ditutup. Pada saat yang genting ada 28 gereja yang bersama-sama serentak mengadakan doa puasa 40 hari. Pendeta yang menyaksikan kesaksian ini juga ikut berpuasa dan berkata bahwa pada minggu yang ke-5 tubuh mereka menjadi sangat kurus kering. Tepat pada hari ke 36, tiba-tiba partai tersebut dibubarkan karena ditemukan bahwa partai mereka tidak sah, digantikan dengan partai yang baru. Dengan peralihan kekuasaan itulah ternyata Tuhan menjawab doa mereka untuk melepaskan umat Tuhan dari aniaya dan tekanan.







PENUTUP:




Marilah kita semua bangkit dalam doa dan puasa, maka kita akan melihat Tuhan melawat hidup kita,keluarga kita, gereja dan kelompok sel kita, Bangsa dan tanah air tercinta. Amin !!! Doa pengurapan untuk yang ingin doa puasa.


No comments: