Tuesday, September 9, 2008

Tuntunan Roh


 

Ps. Jonathan Setiawan


 

Pendahuluan:


 

Selama kunjungan saya ke Nigeria, Allah sungguh-sungguh bekerja luarbiasa dalam hidup saya pribadi – setiap ikatan dihancurkan, setiap pertanyaan-pertanyaan saya dijawab dengan ajaib, saya benar-benar dipulihkan, dimerdekakan, dan disegarkan kembali – rasanya seperti Yesus sendiri yang langsung melayani saya secara pribadi. Hari terakhir ketika saya masih di Nigeria, saya berkata pada Pak Obaja dan Bu Nita: Now I am a different man! Sekarang saya benar-benar manusia yang berbeda!


 

Saya jujur belum pernah mengalami yang seperti ini. Saya sendiri sampai heran. Saya rasakan seperti Tuhan sedang membawa saya masuk dalam dimensi roh yang lebih dalam lagi. Sejak saat itupun hubungan pribadi saya dengan Tuhan berubah total. Rasanya telinga ini menjadi terbuka dan sementara saya berdoa, jawaban begitu mudah saya dengar. Saya bisa merasakan TUNTUNAN ROH yang begitu kuat sedang bekerja di tengah-tengah kita.


 

Yang Tuhan tunjukkan dalam roh kepada saya: Dalam waktu dekat ini Tuhan akan kirimkan sebuah kegerakan yang luarbiasa besar dan belum pernah kita alami sebelumnya. Sesuatu yang tadinya tidak terpikirkan, Tuhan mau buat di tengah-tengah kita. Sesuatu yang kita tidak rencanakan sebelumnya, Tuhan mau berikan kepada kita, sesuatu yang menurut pandangan manusia mustahil, Tuhan mau kerjakan bagi kita. Saya tambah yakin lagi ketika saya pulang dari Nigeria dan sampai di Jogja Hari Jumat, tiba-tiba saja Pak Agus Lutan telpon saya Cuma untuk ngomong: Saya dapat pesan Tuhan yang harus saya sampaikan kepada Pak Jonatan, Tuhan berkata bahwa akan ada gelombang kegerakan baru yang melanda Gereja Keluarga Allah yang jauh lebih besar daripada yang pernah kalian alami sebelumnya. Begitu saya dengar perkataannya itu, langsung dalam hati saya CONFIRMED / konfirmasi – memang akan terjadi sesuatu yang dahsyat di tengah kita. SIAP MASUK DALAM KEGERAKAN ALLAH YANG BESAR!!!


 

Judul khotbah saya hari ini cukup unik: TUNTUNAN ROH. Saya percaya Tuhan mau saya bagikan kepada jemaat di tempat ini untuk belajar berjalan mengikuti tuntunan Roh. Tidak kebetulan minggu yang lalu, Firman Tuhan berbicara kepada kita: TRUST AND OBEY / PERCAYA DAN TAAT. Artinya Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk belajar berjalan mengikuti tuntunan Roh Kudus.


 


 

Isi:


 

  1. Kita harus mengasah telinga roh kita supaya SENSITIF dengan tuntunan roh.


     

    1. Baca Kisah 16:4-10 !!!


       

      4 Dalam perjalanan keliling dari kota ke kota Paulus dan Silas menyampaikan keputusan-keputusan yang diambil para rasul dan para penatua di Yerusalem dengan pesan, supaya jemaat-jemaat menurutinya. 5 Demikianlah jemaat-jemaat diteguhkan dalam iman dan makin lama makin bertambah besar jumlahnya. 6 Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia. 7 Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka. 8 Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas. 9 Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: "Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!" 10 Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.


       


       


       


       


       


       


       


       

    2. Ada sesuatu yang sangat menarik perhatian saya dalam kisah perjalanan Rasul Paulus ini. Paulus dan Silas punya rencana untuk memberitakan Injil di Asia, akan tetapi Alkitab mencatat bahwa Roh Kudus mencegah mereka; mereka mau masuk ke sebuah daerah bernama Bitinia, akan tetapi Roh Yesus tidak mengijinkan mereka. Entah melalui bisikan langsung atau melalui situasi dan kondisi yang merintangi mereka, tapi Paulus dan Silas tau bahwa Tuhan tidak mengijinkan mereka pergi memberitakan Injil sesuai dengan rencana mereka.


       

      Bahkan ketika sampai di Troas, pada malam harinya Paulus mendapat penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya: Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami! Luarbiasanya ayat 10 mencatat begini: Dari penglihatan itu KAMI MENARIK KESIMPULAN bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil di Makedonia.


       

      Artinya Paulus dan Silaspun belajar SENSITIF DENGAN TUNTUNAN ROH. Tuhan tidak langsung berkata bahwa mereka harus ke Makedonia. Akan tetapi melalui berbagai rentetan perkara yang mereka alami, mereka jadi tau bahwa Tuhan menuntun mereka ke Makedonia. Maunya ke Asia, maunya ke Bitinia, akan tetapi Roh Kudus mencegah, Roh Kudus bawa mereka ke Makedonia. Mengapa? Ternyata sejarah membuktikan – Makedonia itulah Eropa. Karena ketaatan Paulus dan Silas, maka di jaman itu Eropa mengalami lawatan Allah yang luarbiasa, jiwa-jiwa diselamatkan, kebangunan rohani terjadi, dan Eropa menjadi benua Kristen.


       

    3. Seringkali itulah cara kerja Tuhan: Maunya kita yang ini, tapi maunya Tuhan yang itu. Biasanya ada 2 hal yang berbeda – Mengapa? Yang satu adalah dari ROH, sementara yang satu kita punya keinginan DAGING. Firman Tuhan sudah berkata: jalanmu berbeda dengan jalanKu, rencanamu berbeda dengan rencanaKu. Akan tetapi yang pasti jalan Tuhan lebih baik dari jalan kita, pilihan Tuhan lebih benar daripada pilihan kita. Dan kalau kita SENSITIF DENGAN TUNTUNAN ROH, maka ada BERKAT BESAR yang siap Tuhan berikan kepada kita.


     

    1. Illustrasi: Dalam hidup ini, ada banyak pilihan yang bisa kita ambil. Katakanlah pilihan itu adalah pintu. Tentunya setiap orang pasti berusaha untuk memilih pintu mana yang berisi berkat paling besar. Tapi seringkali kita memilih jalan kita tanpa mendengar dulu dari Roh Kudus, kita melangkah mendahului tuntunan Roh. Kita pikir kita tau bahwa dibalik pintu yang kita pilih itu ada permen dan kita berusaha untuk memasuki pintu itu. Akan tetapi herannya ada saja halangan, ada saja rintangan, sepertinya seolah-olah sukar sekali bagi kita untuk masuk ke pintu tersebut. Akhirnya kita menjadi stress, frustrasi, dan bertanya-tanya kenapa Tuhan tidak menolong kita.


 

Dengarkan baik-baik: KALAU ANDA BERJALAN DALAM RENCANA ALLAH YANG SEMPURNA, ANDA TIDAK AKAN STRESS DAN FRUSTRASI, SEBALIKNYA RENCANA ALLAH AKAN MENDATANGKAN DAMAI SEJAHTERA DAN SUKACITA DALAM KEHIDUPAN ANDA. Kalau anda stress, jangan-jangan anda masih memilih pintu anda sendiri, jangan-jangan ada beberapa detil yang Tuhan mau anda tau tapi anda belum tau, jangan-jangan masalah anda hanya masalah TIMING / waktunya Tuhan yang belum pas.


 

Tapi hari ini perhatikan baik-baik Firman Allah: Saya rasakan ada sebagian orang di tempat ini – anda memilih pintu yang berisi permen itu, namun Tuhan menghalangi dan mencegah anda ke sana karena Tuhan sudah memilihkan yang lebih baik dari itu, anda belum melihat, tapi ternyata bebera langkah ke depan ada lagi sebuah pintu yang dibaliknya ada emas dan harta karun yang tersembunyi.
Memang kita tidak tau, tapi Tuhan tau. Itu sebabnya Tuhan mencegah kita supaya jangan pilihan baik yang kita terima, tapi yang terbaik itu yang Tuhan berikan bagi kita.


 

  1. Applikasi:
  • Anak muda – kalau kalian jatuh cinta sama seorang pria / gadis akan tetapi entah bagaimana jalan ceritanya beda dari yang anda harapkan, dan akhirnya pria / gadis idaman anda itu malah jadian sama orang lain. Jangan kecewa, jangan stress, jangan berbeban berat. Ketahuilah Allah punya rencana yang lebih baik bagi, Allah sudah menyediakan SOMEBODY / seseorang yang lebih baik bagi anda. GOD KNOWS THE BEST.


 


 


 


 

  • TEMPAT TINGGAL – Bahkan saya percaya ada sebagian anak muda di tempat ini sedang bergumul sungguh-sungguh dimana anda akan tinggal menetap setelah lulus kuliah. Satu hal yang bisa saya katakan: BERDOALAH DAN MINTA TUNTUNAN TUHAN. Yang terpenting bukan JOGJANYA atau KOTA ASAL KITA atau KOTA YANG LEBIH BESAR. Yang terpenting adalah TUHANNYA. Dimanapun Tuhan menempatkan kita, Dia akan menyediakan BERKAT YANG TERBAIK untuk kita.


 

Yang perlu kita lakukan adalah MENGETAHUI RENCANA ALLAH DENGAN JELAS dalam hidup kita, maka hidup kita akan kuat TIDAK MUDAH GOYAH. Apapun yang terjadi, ktia tau bahwa hasil akhirnya adalah untuk kebaikan kita. Roma 8: 28 – Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan.


 

  • KELUARGA – kadang-kadang kita memilih sebuah pekerjaan, tapi entah kenapa kita gagal, usaha kita tidak jalan, cara dan strategi kita tidak berhasil, kehidupan keuangan kita terasa bertambah berat. Saat-saat seperti itu bisa saja menjadi saat yang sangat emosional dalam hidup kita. Dan di saat yang seperti itu: Kita seringkali menanyakan kepada Tuhan: Dimana penyertaanMu? Dimana pemeliharaanMu? Dimana janjiMu?


 

Saya beritahu saudara: Mungkin bisa jadi itu hanya masalah TIMING saja, bisa jadi karena Tuhan mau paksa anda untuk melihat pintu lain yang dibaliknya berisi emas, bisa jadi pilihan anda secara garis besar sudah benar, tapi dalam detilnya ada yang belum pas dan Tuhan tau kalau anda cara kerjanya seperti itu maka anda akan mengalami banyak masalah, bisa jadi Tuhan mau menunjukkan cara untuk melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda yang lebih efesien dan efektif. Apapun itu, belajarlah itu tuntunan roh, maka yang terbaik Allah sediakan untuk kita.


 

  • Dengarkan baik-baik: CARA KERJA ALLAH TIDAK BISA DIFORMULAKAN. Bisa jadi untuk waktu ini, Tuhan bekerja dengan cara A, tapi untuk 1 tahun kemudian, Tuhan bekerja dengan cara B. CONTOH: Untuk memelihara ELIA saat itu, Tuhan berikan SUNGAI KERIT, tapi di waktu kemudia, Tuhan sediakan JANDA SARFAT. Elia yang harus SENSITIF dengan tuntunan Roh. Bukan A atau B-nya yang penting, bukan Sungai Kerit atau Janda Sarfatnya yang penting, tapi TUNTUNAN ROHLAH yang harus kita dapatkan, maka kita akan mengalami kuasa mujizat Allah yang luarbiasa.


 

  1. Applikasi: Saya sendiri dalam menggembalakan gereja ini diajar Tuhan untuk tidak tergantung pada satu metode atau satu cara terus-menerus. Tuhan tidak mau kita mengkultuskan suatu metode atau cara. Yang Tuhan mau kita terus-menerus berjalan bersama Tuhan, mendengar suara Tuhan, memilih jalan Tuhan, maka kita akan mengalami keajaiban Tuhan yang luarbiasa.


     

    Selama 6 tahun gereja kita menjalankan SISTEM KELOMPOK SEL PRINSIP 12. Dan Tuhan berkati luarbiasa, kita bertumbuh dengan dahsyat dan menjadi ribuan kelompok sel. Orang-orang dari seluruh penjuru Indonesia datang untuk belajar di gereja kita. Bahkan yang dari luar negeri, dari berbagai belahan dunia juga datang untuk melihat pekerjaan Allah yang luarbiasa. Ini semua Tuhan berikan kepada kita melalui PRINSIP 12.


     

    Akan tetapi kita tidak mau JATUH CINTA DENGAN BERKATNYA, kita mau menjadi HATI DAN CINTA KITA HANYA KEPADA TUHAN. Belakangan ini, Tuhan perintahkan kita untuk mengambil langkah iman meninggalkan Prinsip 12 dan masuk dalam sistem kelompok sel baru, yang namanya SISTEM TANPA BATAS. Bagi saya yang terpenting bukan Prinsip 12nya atau Sistem Tanpa Batasnya. Yang terutama adalah TUNTUNAN ROHNYA. Dengan cara apapun tidak ada masalah kalau Allah bekerja di pihak kita. Saya percaya kalau Tuhan bawa gereja kita masuk dalam sistem kelompok sel baru, maka kita akan melihat kegerakan Allah yang lebih dahsyat terjadi di tengah-tengah kita.


     


     


     


     


     


     


     


     


     

    Siapa yang belum bergabung dalam kelompok sel? Siapa yang sudah bergabung dalam kelompok sel? Tolong yang sudah berikan salam pada yang belum dan katakan: Ayo ikut kelompok selku! Saya percaya saudara akan mengalami pertumbuhan rohani yang pesat dan hidup anda sebagai orang Kristen akan mengahasilkan banyak buah dan nama Tuhan dipermuliakan.


     

  2. Belajar sensitif dengan angin Roh Kudus: DI MANA ADA ANGIN TUHAN, DI SITU ADA JUGA BERKAT TUHAN.


     

    Kesaksian: Pak Robert – dulu dia berpikir bahwa bisnis onderdil punya potensi yang luarbiasa dan hal tersebut memang benar. Akan tetapi ternyata setelah beberapa waktu menjalankan bisnis tersebut, ada banyak tantangan dan masalah, sampai akhirnya mereka mengevaluasi dan berdoa kembali untuk minta tuntunan Tuhan. Dan dalam pergumulan doa itu, akhirnya merek mendapat tuntunan roh untuk kembali pada bisnis aslinya, yaitu percetakan. Saya sendiri waktu itu juga berkata pada Pak Robert: Pak, belajar sensitif dengan angin Roh Kudus, saya rasa bisnis onderdil bukan anginnya Tuhan untuk Pak Robert, mungkin itu anginnya untuk orang lain, tapi untuk Pak Robert saya rasakan ada di percetakan.


     

    Saya hargai ketaatan mereka pada tuntunan roh. Sebenarnya mereka bisa saja terus bertahan dalam bisnis onderdil. Akan tetapi mereka ambil keputusan untuk FOKUS di percetakan. Apa yang terjadi? Tiba-tiba saja, berkat Tuhan datang dengan luarbiasa, omset mereka naik drastis, bahkan sekarang mereka tidak terlalu terikat dengan pekerjaan, dan bisa pelayanan dengan jauh lebih bebas. Yang terpenting bukan onderdilnya atau percetakannya – yang terpenting adalah tuntunan rohnya. DAPATKAN TUNTUNAN ROH UNTUK HIDUP ANDA SENDIRI.


     

  3. Applikasi: Saya sendiri juga merasa mendapat tuntunan roh untuk mengubah sistem ibadah kita. Sebelum saya berangkat ke Nigeria, Tuhan sudah berbicara sesuatu tentang perubahan dalam ibadah kita. Dan ketika saya sampai di Nigeria, saya merasa CONFIRMED, persis seperti yang Tuhan katakan kepada saya, itu yang saya lihat di sana.


     

    Mereka tidak punya ibadah di luar Hari Minggu seperti Sabtu untuk Kaum Muda dan Minggu untuk Youth, semuanya mereka gabungkan dalam ibadah Minggu. Mereka FOKUS untuk ibadah Minggu. Akibatnya FOKUS itu membuat mereka punya kekuatan berlipat kali ganda. Seperti yang saya ceritakan minggu lalu. Salah satu staff mereka memberi tau saya bahwa Ibadah Umum 50.000 orang, ibadah anak 20.000 orang. Dan ibadah kaum muda 10.000 orang. Total 80.000 – 85.000 orang ada di jam yang sama.


     

    Saya percaya ini adalah tuntunan Tuhan untuk gereja kita. Dalam waktu dekat ini, kita akan adakan penyesuaian dalam gereja kita. Ibadah di luar Minggu, yaitu Sabtu Youth dan Teens serta Jumat FIS akan kita pindahkan dan gabungkan ke Hari Minggu. Kita mau menjadi gereja yang FOKUS. Ibadah Sabtu pk 16.00 untuk Teens akan menjadi Ibadah Minggu di Lippo pk 16.00. Ibadah Sabtu pk 18.30 untuk Youth akan menjadi Ibadah Minggu di Lippo pk 18.30. Sementara FIS akan bergabung dalam semua ibadah di Adem Ayem.


     

    Jadi mulai tanggal 18 September 2005 (Minggu ke-3), khusus minggu sore, dalam 1 kali ibadah, kita akan langsung punya 3 macam ibadah: IBADAH UMUM, IBADAH ANAK, dan IBADAH YOUTH. Ibadah Umum adalah untuk semua orang baik yang masih mudah maupun sudah berkerluarga dan sudah tua akan diadakan di Adem Ayem Lt 3 tanpa perubahan. Ibadah anak akan difokuskan di Adem Ayem Lt 4 – bukan sekedar sekolah minggu, tapi sungguh-sungguh akan diperjuangkan menjadi ibadah yang luarbiasa: ada band musik anak-anak, WL dan singer anak-anak, pokok ibadah anak akan jadi luarbiasa. Sedangkan Youth akan difokuskan di Lippo Lt 3 ibadah minggu sore. Warna ibadahnya juga akan berubah menjadi warna ibadah kaum muda: WL, singer, pemain musik, usher, kolektam, bahkan pengurus ibadah dan semua pelayan Tuhannya adalah anak muda. Bahkan pakaiannyapun tidak seformal seperti ibadah umum. Artinya kalau saya khotbah di sana, mungkin tidak perlu lagi pakai jas dan dasi seperti kalau saya khotbah di Adem Ayem. Mungkin bisa pakai jeans dan jaket kulit. Pokok semuanya Youth Style. Oleh karena itu, saya dorong anak-anak muda mulai menyesuaikan jadwal ibadahnya.


     


     


     


     


     


     

    Bukan berarti ibadah Sabtu dan Ibadah Jumat adalah sesuatu yang tidak baik. Akan tetapi saya percaya tuntunan Rohlah yang harus kita ikuti. Yang penting kita PERCAYA DAN TAAT, maka kita akan melihat kuasa mujizat dan kemuliaan Allah dinyatakan. Saya percaya akan ada gelombang kegerakan baru di gereja kita dalam setiap ibadah dan kelompok sel akan ada lawatan Allah yang luarbiasa.


     


 

  1. Mengembangkan kepekaan perlu DISIPLIN ROHANI.


     

    1. Kalau kita sungguh-sungguh rindu mengembangkan kepekaan kita terhadap tuntunan roh, maka kita perlu yang namanya disiplin. Satu kata yang seringkali dibenci akan tetapi tetap saja merupakan syarat mutlak bagi seseorang yang mau dipakai Tuhan dalam perkara-perkara besar. Siapa yang mau dipakai Tuhan? Siapa yang mau belajar peka dengan tuntunan roh?


       

    2. 5 Disiplin Rohani:


       

      1. Doa.


         

        Baca Yesaya 50:4 !!!

        4 Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.


         

        Itu sebabnya saya senantiasa dorong saudara semua untuk berdoa setiap hari minimal 1 jam. Hanya orang yang dekat dengan Tuhan, yang akan punya kepekaan / sensitifitas terhadap tuntunan roh. Kalau kita tidak dekat dengan Tuhan, ketika tuntunan roh itu datang dalam hidup kita, kita tidak akan sadar sehingga kita akan melewatkannya begitu saja dan kehilangan rencana Allah. Jadi sekali lagi saya tantang saudara untuk bangun mezbah doa setiap hari minimal 1 jam berdoa. Siapa yang mau komit?


         

      2. Firman.


         

        Kalau doa akan membawa anda dekat dengan Tuhan. Sedangkan Firman akan memampukan saudara untuk MEMBEDAKAN YANG MANA SUARA TUHAN, yang mana suara Setan, dan yang mana suara hati kita sendiri. Waktu saudara senang membawa dan merenungkan Firman Allah, saudara membiasakan diri dengan FIRMAN / PERKATAAN Allah, sehingga ketika Tuhan bicara anda bisa langsung tau bahwa itu Tuhan atau bukan. Orang yang suka berdoa tapi tidak suka baca Firman, sangat mudah untuk tertipu oleh Setan atau suara hati sendiri. Justru ini sangat bahaya.


         

        Jadi penuhi hidup saudara dengan Firman Allah – baik pembacaan Alkitab secara pribadi tiap hari maupun khotbah yang disampaikan hamba Tuhan. Ketika hidup saudara penuh dengan Firman, nanti Tuhan akan berikan banyak PEWAHYUAN kepada saudara. Roh anda akan diberi ROTI HIDUP / ROTI ROH yang memberi kekuatan sehingga kehidupan rohani anda kuat dan terus bertumbuh.


         

        Saya tantang saudara disiplin baca Firman tiap hari 3 Pasal.


         

      3. Puasa.


         

        Dalam puasa 40 hari yang terakhir kita lakukan ini, saya sendiri mengalami suatu keajaiban dari Tuhan. Ada hal-hal tertentu yang tadinya saya tidak bisa kalahkan dalam hidup saya. Tapi ketika saya berpuasa dengan serius – keinginan daging itu semakin lama semakin bisa saya tundukkan dibawah kendali roh dan manusia roh saya menjadi lebih dominan dan semakin kuat. Saya percaya saudara yang juga sungguh-sungguh puasa pasti mengalami banyak keajaiban Tuhan.


         


         


         


         


         

        Bahkan Yesus sendiri sebelum memulai pelayanannya juga melakukan puasa 40 hari. Betapa pentingnya disiplin puasa dalam kehidupan kita. Ayo ambil komitmen puasa 40 hari dalam 1 tahun dan sebisanya puasa 1 hari dalam 1 minggu.


         

      4. Persepuluhan.


         

        Yang namanya persepuluhan juga termasuk dalam disiplin rohani. Mengapa? Alkitab mengatakan: Di mana hartamu berada, di situ hatimu berada. Tindakan memberikan persembahan atau mengembalikan persepuluhan, bukanlah perkara jasmani. Memberi persepuluhan adalah perkara roh. Memang uang yang kita persembahkan, tapi itu hanya sekedar bukti saja. Persembahan sesungguhnya yang kita berikan kepada Tuhan adalah
        HATI DIBALIK PERSEMBAHAN kita.


         

        Tuhan mau kita dengan setia dan konsisten mengembalikan persepuluhan. Mengapa? Sederhana – Tuhan mau memastikan bahwa setiap saat hati kita terus terpaut dan hanya terpaut kepada Tuhan. Mengapa uang yang Tuhan mau kita jadikan buktinya. Uang atau mamon adalah Allah yang paling banyak disembah orang manusia. Jadi Tuhan mau memastikan bahwa dalam hidup kita, mamon / uang tidak lebih penting dari Tuhan, Tuhanlah yang terpenting dalam hidup kita. Tuhan mau uanglah yang kita korbankan demi Tuhan, bukan sebaliknya Tuhan yang kita korbankan demi uang.


         

        Akan tetapi percayalah, kalau kita berani komit disiplin mengembalikan persepuluhan, dan Allah diyakinkan bahwa hati kita hanya terpaut kepada Tuhan, maka langit terbuka dan berkat dicurahkan secara berkelimpahan dalam hidup kita.


         

      5. Penginjilan.


         

        Mengapa penginjilan? Mengapa Amanat Agung? Mengapa harus? Coba saya ajak saudara untuk merenung sejenak apa arti jiwa-jiwa bagi Yesus. Demi saudara dan saya, Dia rela tinggalkan Surga. Demi saudara dan saya, Dia rela serahkan segala-galanya, menderita, dituduh, difitnah, dicaci maki, disiksa, disalibkan dan akhirnya mati bagi kita. Kalau saudara sudah melihat Film The Passion of the Christ, mungkin itu sekarang ini menjadi gambaran yang paling jelas bagi kita tentang penderitaan Kristus. Dan semua pengorbanan itu, Dia lakukan demi jiwa-jiwa yang terhilang seperti kita dahulu. Sekarang kita sudah diselamatkan. Namun saya ajak saudara untuk berpikir: kalau Yesus rela lakukan segalanya itu bagi kita, menurut saudara apa arti jiwa-jiwa bagi Yesus?


         

        Jawaban saya sederhana: Jiwa-jiwa berarti segalanya bagi Yesus, harta yang tak ternilai yang Dia miliki, sesuatu yang bersedia Dia tebus bahkan dengan nyawaNya dan seluruh kehormatannya sendiri. Tantangan saya: Kalau kita berkata bahwa kita sungguh-sungguh mengasihi Yesus, tidakkah kita mau memberitakan Injil, membagikan kasih Allah dan kabar baik itu, serta menyelamatkan jiwa-jiwa? Jawab pertanyaan itu langsung kepada Yesus dan perbarui komitmen anda hari ini.


         


         

Penutup:


 

Ayo kita belajar berjalan dalam tuntunan roh.

No comments:

Related Pages