Wednesday, September 3, 2008

DIBERKATI DI MASA KRISIS




DIBERKATI DI MASA KRISIS

Blog tulisan hari ini adalah tulisan ulang dari khotbah Ps. Obaja Tanto Setiawan Gembala Sidang keluarga Allah Solo dengan 25.000 jemaat hari, 15 Juni 2008 ini di GKA JAKARTA

Pdt. Obaja Tanto Setiawan adalah gembala sidang dari GBI Keluarga Allah, Surakarta, Indonesia. Gereja yang dirintis dari sebuah persekutuan doa beranggotakan 7 orang pada tahun 1989 tersebut hingga kini telah berkembang secara luar biasa dengan jumlah jemaat saat ini sebanyak 19,533 orang. Sejak menerapkan sistem pelayanan kelompok sel, GBI Keluarga Allah mengadakan konferensi internasional setiap tahunnya untuk menjadi berkat bagi gereja-gereja lain. Saat ini GBI Keluarga Allah telah meluaskan jaringan pelayanannya di bidang radio, televisi dan sekolah yang telah menjadi berkat yang luar biasa di kota Solo dan sekitarnya. Pdt. Obaja Tanto Setiawan dianugerahi Tuhan dengan karunia yang sangat kuat dalam penggembalaan. Di bawah kepemimpinannya ada 12 pasang staff gembala yang sangat solid dalam mendukung kepemimpinan dan penggembalaannya yang dibinanya dengan roh bapa dan roh anak yang baik sehingga menghasilkan kegerakan-kegerakan Allah yang luar biasa untuk kemuliaan Tuhan. Bersama isterinya - Hartatiek, Pdt. Obaja dikaruniakan dua orang putera & seorang puteri. Mereka juga sudah mempunyai dua orang cucu.

Kejadian 26:1-13
26:1 Maka timbullah kelaparan di negeri itu. -- Ini bukan kelaparan yang pertama, yang telah terjadi dalam zaman Abraham. Sebab itu Ishak pergi ke Gerar, kepada Abimelekh, raja orang Filistin.
26:2 Lalu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Janganlah pergi ke Mesir, diamlah di negeri yang akan Kukatakan kepadamu.
26:3 Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau, sebab kepadamulah dan kepada keturunanmu akan Kuberikan seluruh negeri ini, dan Aku akan menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada Abraham, ayahmu.
26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,
26:5 karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku."
26:6 Jadi tinggallah Ishak di Gerar.
26:7 Ketika orang-orang di tempat itu bertanya tentang isterinya, berkatalah ia: "Dia saudaraku," sebab ia takut mengatakan: "Ia isteriku," karena pikirnya: "Jangan-jangan aku dibunuh oleh penduduk tempat ini karena Ribka, sebab elok parasnya."
26:8 Setelah beberapa lama ia ada di sana, pada suatu kali menjenguklah Abimelekh, raja orang Filistin itu dari jendela, maka dilihatnya Ishak sedang bercumbu-cumbuan dengan Ribka, isterinya.
26:9 Lalu Abimelekh memanggil Ishak dan berkata: "Sesungguhnya dia isterimu, masakan engkau berkata: Dia saudaraku?" Jawab Ishak kepadanya: "Karena pikirku: Jangan-jangan aku mati karena dia."
26:10 Tetapi Abimelekh berkata: "Apakah juga yang telah kauperbuat ini terhadap kami? Mudah sekali terjadi, salah seorang dari bangsa ini tidur dengan isterimu, sehingga dengan demikian engkau mendatangkan kesalahan atas kami."
26:11 Lalu Abimelekh memberi perintah kepada seluruh bangsa itu: "Siapa yang mengganggu orang ini atau isterinya, pastilah ia akan dihukum mati."
26:12 Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.
26:13 Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya.

Kisah hari ini akan dimulai dari seseorang bernama Ishak. Seorang yang justru mengalami Berkat yang besar ketika krisis terjadi dalam hidupnya. Pembelajaran hari ini sangat penting karena hal tersebut yang sebenarnya juga sedang dialami bangsa Indonesia dan tentunya juga diri kita sendiri sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Lihat fakta-fakta berikut
Dialog dimulai dengan presentasi Aburizal Bakrie mengenai realokasi subsidi BBM demi keadilan. Dalam paparannya, Aburizal menjelaskan latar belakang pemerintah menaikkan harga BBM. Naiknya harga minyak dunia (di atas $100 per barrel) meningkatkan defisit APBN akibat kenaikkan subsidi BBM dan listrik, sementara 73 persen subsidi lebih dinikmati kalangan ‘kaya’. Selain itu, perbedaan harga domestik dan internasional yang kian melebar menyebabkan konsumsi BBM tidak terkendalikan. Ditambah lagi dengan harga saham yang terus menurun, menimbulkan erosi kepercayaan pasar yang menyebabkan utang yang harus ditanggung pemerintah lebih tinggi. Upaya–upaya telah dilakukan pemerintah sebelum mengambil keputusan menaikkan harga BBM diantaranya melakukan penghematan belanja, mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor non–migas, menggunakan belanja resiko fiskal, memaksimalkan tambahan pinjaman program, meningkatkan lifting minyak, dan mengadakan langkah–langkah penghematan BBM dan listrik misalnya dengan program konversi minyak tanah ke LPG. Langkah–langkah penghematan juga telah dilakukan di lembaga kenegaraan seperti menunda belanja barang dan dengan cara himbauan (moral suasion). Tanpa adanya kebijakan, seperti yang dijelaskan Aburizal, subsidi energi dalam APBN 2008 akan membengkak, tidak dapat dibiayai, dan menambah beban di tahun 2009. Saat ini index kemiskinan di Indonesia 14,2–16% dari total penduduk. Tanpa kebijakan, tingkat kemiskinan di tahun 2009 akan meningkat mencapai 19,5 %. Kemudian jika ketidakseimbangan terus terjadi, dikhawatirkan program–program pengurangan kemiskinan akan terganggu. “Kenaikkan harga minyak dunia dan kenaikkan BBM dalam negeri merupakan pilihan terakhir,” ujar Aburizal Bakrie. Hatta Radjasa menambahkan, kebijakan kenaikkan BBM bukan semata–mata untuk menutupi defisit APBN, tetapi yang lebih penting lagi untuk menyelamatkan bangunan ekonomi dengan kredibilitas. “Jika kebijakan ini tidak diambil, negeri ini collapse” ujar Hatta
Read more

Kenaikan BBM Picu Gangguan Jiwa dan Bunuh Diri
Minggu, 25 Mei 2008 - 22:17 wib
BANDUNG - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kesehatan memprediksikan, dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan mengakibatkan naiknya angka pengidap gangguan jiwa dan bunuh diri, baik dari keluarga miskin dan kaya
Read more


BBM Naik Bunuh Diri Naik
Minggu, 11-05-2008 08:45:08 oleh: aloysius weha Kanal: Opini
BBM yang akan naik Juni nanti, sudah pasti memukul telak orang-orang miskin. Bantuan Langsung Tunai, membuat mereka seolah-olah terselamatkan dan terbantu. Padahal, beban makin berat, hidup makin susah. Kalau sudah begitu, bunuh diri jelas jadi modus yang banyak dilakoni.
BBM belum naik saja, seorang ibu dan anaknya yang berumur setahun membakar diri dan beberapa hari kemudian akhirnya meninggal.
Read more

· BBM naik dan sudah bisa dilihat dampaknya dimana-mana, Indonesia menjadi rebut, Indonesia menjadi banyak demo disana-sini, yang lebih memprihatinkan lagi adalah muncul kasus-kasus bunuh diri yang dipacu kenaikkan harga BBM. Indonesia tengah dimasa krisis. Itulah yang terjadi saat ini. Banyak orang hancur dimasa krisis, mengalami kemunduran dan menjadi putus asa karena masalah yang mereka hadapi.
Ishak menunjukkan hal yang berbeda dari semua fakta-fakta yang ada diatas. Justru melalui kisah yang tercatat di firman Tuhan, bisa dilihat ditengah masa kekeringan dia mengalami sesuatu yang luar biasa. Berkat yang besar. Kejadian 26:12 Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.

Bagaimana Ishak bisa diberkati Tuhan :
1. Hidup dalam tuntunan Tuhan
Kejadian 26:2 Lalu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Janganlah pergi ke Mesir, diamlah di negeri yang akan Kukatakan kepadamu.

Tuhan muncul dan berbicara kepada Ishak, untuk tidak pergi ke mesir, tetapi tetap tinggal dalam tempat yang Tuhan inginkan. Ishak taat sehingga bisa mengalami mujizat dari Tuhan karena dia hidup dalam Tuntunan Tuhan.
Ketaatan dalam mengikuti TUNTUNAN TUHAN itulah yang akan mendatang berkat besar dalam hidup kita.

2. Orang yang hidup daLam pimpinan Tuhan akan mendapat petunjuk dari Tuhan.

Kejadian 26:3 Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau, sebab kepadamulah dan kepada keturunanmu akan Kuberikan seluruh negeri ini, dan Aku akan menepati sumpah yang telah Kuikrarkan kepada Abraham, ayahmu.26:4 Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit; Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapat berkat,26:5 karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku."

Ketika Ishak hidup dalam pimpinan Tuhan, yang terjadi dalam hidupnya adalah Tuhan memberikan petunjuk kepadanya.
Perlu disadari bahwa Tuhan bukan pribadi yang tidak bertanggung jawab ketika Dia memerintahkan sesuatu dan kita taat, pasti Dia yang akan memberikan tuntunan kepada kita bagaimana kita bisa berhasil dalam menjalani hidup kita.
Dan jika petunjukNya datang dalam hidup kita, maka bisa dipastikan kita akan mengalami anugerah, kita akan menabur dan mengalami tuaian 100 kali lipat.

Kesaksian :
Ada seorang pengusaha yang ingin membangun bisnisnya bersama dengan Tuhan, belajar intim dengan Tuhan, tidak sekedar dipimpin pikiran dan perasaannya saja.
Sampai satu hari sebelum krisis, Tuhan berbicara kepadanya untuk membeli dolar, suara untuk membeli dolar terus menerus muncul dalam dirinya dan ia taat membeli dengan semua modalnya sehingga akhirnya dia benar-benar diberkati limpah karena dolar mengalami kenaikkan sampai 7 kali lipat

Jika bersama dengan Tuhan maka kedahsyatan akan terjadi.
TUHAN + Jafeto == KEDAHSYATAN. ^^

3. Menabur di saat kekeringan
Kejadian 26:12 Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.
Ishak menabur di masa tanah mengalami kekeringan. Tapi disitu dia diberkati oleh Tuhan sampai seratus kali lipat dalam hidupnya. Tetapi hal ini tidak berbicara hanya diberkati begitu saja, ada proses dari menabur sampai akhirnya menghasilkan berkat sampai seratus kali lipat.
KUNCI KEBERHASILAN ISHAK ADALAH DIIBERKATI TUHAN
a. Tetap menabur sekalipun kekeringan.
Seandainya dalam kekeringan ISHAK tidak menabur maka ia tidak akan pernah diberkati Tuhan. Seandainya Ishak tidak menabur selamanya ia akan mengalami kekeringan.Tetapi karena ia menabur ada hal taburan yang dipakai oleh Tuhan untuk membuat mujizat oleh Tuhan.
Imagine : Tuhan ingin memberkatinya tetapi tidak ada benih apapun dalam ladang tersebut
MUJIZAT itu lebih dari pada kondisi alam.
MENABUR APA AJA :
Ø UANG à untuk bisnis dan usaha kita.
Ø KASIH
Saat kita menabur kasih maka kita akan menuai kasih dalam hidup kita.
Ilustrasi :
Cerita tiongkok kuno
Ada seorang menantu perempuan yang sangat dibenci oleh mertuanya. Sehingga dia berpikir kalo keadaan seperti ini berlanjut terus menerus maka dia akan mati. Maka daripada dia mati dia ingin membunuh mertuanya terlebih dulu.
Singkat cerita dia bertemu dengan seorang tabib dan minta dibuatkan racun untuk membunuh mertuanya. Akhirnya sang tabib setuju membuat racun dan dia memberikan racun tersebut kepada menantu perempuan tersebut. Agar tidak mencurigakan dia membuat racun yang membunuh perlahan-lahan dan sang menantu minta agar dia bertanya apa makanan kesukaan sang mertua dan membuatkan dan menyajikan dengan penuh perhatian, supaya jika mertuanya meninggal dia tidak dicurigai.
Akhirnya sang menantu benar-benar menuruti perkataan sang Tabib dan dia melakukan hal tersebut. Kira-kira setelah berjalan 2 bulan ternyata sikap mertuanya berubah karena perubahan yang sikap menantunya tersebut.
Dari seorang menantu yang dibenci, menantu tersebut jadi yang paling disayang dan selalu dibangga-banggakan.
Sang menantu jadi menyesal dan kembali ke tabib, karena dia tidak ingin mertuanya mati dan meminta penawar kepada Tabib. Lalu sang tabib bilang kepadanya bahwa tidak perlu kuatir, karena ramuan yang diberikan kepadanya bukan racun tetapi tonik kesehatan.
Sang menantu akhirnya mendapatkan perhatian dan kasih ketika dia terlebih dahulu menabur kasih dan perhatian.
Note : jadi inget salah satu prinsip dasar SATIR THERAPY
Perubahan adalah hal yang mungkin. Walaupun perubahan eksternal adalah terbatas, namun perubahan internal adalah mungkin. Taken from : PELATIHAN DASAR TERAPI SISTEMIK TRANSFORMASIONAL MODEL SATIR - INSTRUKTUR: SUKIRNO TARJADI, P. G. DIPL. (SATIR)
Yang artinya dalam sebuah hubungan, kalo seseorang mau merubah sikapnya maka bisa dipastikan pasangan juga akan merubah sikap terhadap kita. Sebab perubahan sikap adalah yang penting dan harus dimulai dari internal ( diri sendiri ) karena perubahan diri sendiri sangat tidak terbatas.
TABUR KASIH MAKA KITA AKAN MENUAI KASIH.
TABUR KERJA KERAS MAKA KITA AKAN MENUAI KESUKSESAN DALAM HIDUP.
b. BERJUANG LEBIH SUNGGUH
Ishak bekerja lebih keras, berjuang lebih keras. Menabur dimasa krisis berarti kita harus BERJUANG, BEKERJA, BERPIKIR lebih keras.

KESULITAN JUSTRU AKAN MENDORONG KITA BERJUANG DENGAN LEBIH SUNGGUH-SUNGUH






Luas :
INDONESIA = 1.904.750 KM2, dengan segala kekayaan alam dan sumber daya.
JEPANG = 377.837 KM2, daerah gunung berapi dan tidak memiliki banyak sumber daya
SINGAPORE = 685 KM2, Negara yang sangat kecil, bahkan air saja import dari Malaysia.

Jika diperhatikan dengan sungguh-sungguh, Jepang dan singapura jauh lebih maju dibandingkan Indonesia. Semua ini karena kesulitan, alam yang keras membuat mereka berjuang dan tidak menjadi manja. Mereka belajar dan belajar sehingga menjadi Negara-negara yang maju di Asia.
Saat ini indonesia sedang KRISIS, tetapi inilah KESEMPATAN untuk bangkit menjadi yang terbaik.

SAAT INI JAFETO SEDANG KRISIS, TETAPI INI ADALAH KESEMPATAN MENJADI YNG TERBAIK. SEPERTI JEPANG, SEPERTI INDONESIA..

c. MENABUR DISINI BERARTI MENGELUARKAN BIAYA UNTUK MENDATANGKAN HASIL.
Dalam hidup ada 2 jenis pengeluaran :
· Pengeluaran yang menghasilkan
§ Anak sekolah, investasi
§ Komputer untuk bekerja.
· Pengeluaran yang bikin habis
§ Kebutuhan hidup banyak, utang banyak, handphone banyak.
§ Pemborosan listrik, air, ac.
§ Pemborosan dalam penggunaan lift.

· 5 % orang menguasai 95 % uang didunia --> pola pikir kalau mendapatkan uang dikembangkan untuk apa.
· 95 % orang menguasai 5 % uang didunia --> pola pikir kalau mendapatkan uang mau digunakan untuk apa.

TERLALU BANYAK DARI DIRI KITA TIDAK MAU IKAT PINGGANG SAAT MUSIM KEKURANGAN, tidak pernah menabung, tidak pernah investasi. TAPI JIKA kita mau mengikat pinggang maka kita tidak akan pernah mengalami KELIMPAHAN.


· SUKA MENGALAH UNTUK KEBAIKAN
Konsentrasi ISHAK adalah untuk mengembangkan usaha bukan untuk berperang. Sebab konsentrasi akan berubah jika kita berperang. Konsen dengan kehidupan yang diberkati Tuhan..

No comments: