Tuesday, September 9, 2008

Momentum Roh


 

Ps. Jonathan Setiawan


 

Pendahuluan:


 

Hari ini sungguh hari yang sangat istimewa dan hari yang sudah cukup lama kita nanti-nantikan. Kita semua patut mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang luarbiasa yang Tuhan berikan kepada kita, yaitu tempat ibadah baru di gedung Lippobank Lt 3 Jogjakarta. Di Gedung Adem Ayem, 5 kali ibadah tiap minggu sudah penuh bahkan Hari Sabtu maupun Jumatpun penuh dengan jiwa-jiwa yang diselamatkan. Selama 3 tahun kita telah bertumbuh dari 170 sampai 2500 jemaat.


 

Dengan pembukaan Impact Center di Gedung Lippobank Lt 3 ini, saya percaya bahwa Tuhan sedang membawa gereja kita masuk ke 'next level' atau level berikutnya dalam kegerakan rohani. Bahkan ketika saya bertanya Tuhan tentang khotbah apa yang harus saya sampaikan hari ini, Tuhan memberikan satu tema yang luarbiasa – MOMENTUM ROH.
Memang ini momentumnya Jogjakarta; Ini momentumnya gereja kita; Ini momentumnya bagi kebangunan rohani. Ayo kita percaya dan berjuang bersama supaya dalam waktu yang secepat-cepatnya kita mengalami ledakan pertumbuhan dari 2500 jiwa menjadi 5000 jiwa.


 


 

Isi:


 

Apa itu Momentum Roh?
Suatu kesempatan yang Tuhan berikan pada kita untuk mengalami kegerakan yang besar. Saya punya keyakinan yang sangat besar bahwa Jogjakarta akan menjadi PUSAT KEBANGUNAN ROHANI DUNIA. Dan berita baiknya, kegerakan itu Tuhan percayakan pada kita. Saya bisa merasakan di tahun 2005 ini ada momentum yang sangat kuat yang Tuhan berikan kepada kita. Nanti kita akan dibuat terheran-heran dengan apa yang akan Tuhan lakukan tahun ini. Kalau kita pikir 3 tahun terkahir ini sudah cukup dahsyat, saya beritahu bahwa itu baru permulaan. Yang akan terjadi dalam satu tahun ini akan lebih dahsyat ketimbang 3 tahun terakhir ini. Artinya Tuhan akan membawa kita mengalami kegerakan yang sangat dahsyat yang belum pernah kita alami sebelumnya.


 

Oleh karena itu, saya ingin ajak saudara masuk dalam momentum roh di tempat ini. Jangan berdiri di luar arus momentum ini. Jangan juga berdiri di pinggiran arus momentum kegerakan ini. Tapi bergabunglah, masuklah dalam arus kegerakan Allah yang dahsyat ini. Belum pernah ada sebuah gerejapun yang mengalami seperti yang kita alami saat ini di Kota Jogja.
KKR PENCURAHAN ROH KUDUS – Kamis lalu ibadah dimulai pk 18.00 tapi sebelum pkk 17.00 jemaat sudah berdatangan; pk 17.30 gedung penuh. Ketika ibadah dimulai boleh dikatakan tidak ada lagi tempat tersisa, bahkan untuk jalan. Di depan toilet bahkan di tanggapun banyak sekali jemaat yang haus akan kegerakan Allah yang dahsyat. Ini momentum roh. Orang yang masuk dalam momentum roh akan mengalami kedahsyatan Allah. Kalau saudara bergabung dalam momentum roh di tempat ini, masuk dalam pelayanan, terlibat dalam perjuangan, saya percaya kedahsyatan Allah juga akan terjadi dalam kehidupan saudara.


 


 


 

Apa Ciri-ciri Momentum Roh?


 

  1. Kecepatan seperti kilat.


     

    1. Kalau momentum Allah ada atas kita, maka salah satu ciri yang sangat jelas adalah pertumbuhan yang cepat seperti kilat. Tidak bisa lagi dihitung dengan hukum pertumbuhan biasa karena yang terjadi senantiasa UNPREDICTABLE / tidak bisa diperkirakan. Hukumnya adalah Hukum Momentum itu sendiri. Kalau sudah seperti apa saja bisa terjadi.


     

    1. Sama seperti yang dialami oleh jemaat mula-mula pada waktu itu. Sebelum momentum roh ini datang atas mereka, rasanya perjuangan mereka begitu berat dan sukar sekali. Setelah guru mereka disalib, mereka sendiri dicari-cari hendak dianiaya dan dibunuh oleh para pemuka agama Yahudi. Bahkan setelah Yesus bangkit dan terangkat ke Surgapun, mereka masih harus menunggu sampai Roh Kudus dicurahkan atas mereka. Tapi luarbiasanya mereka tetap bertekun dalam doa. Dan tiba saatnya, MOMENTUM ROH Tuhan berikan kepada mereka, Roh Kudus dicurahkan pada Hari Pentakosta. Bunyi seperti tiupan angin keras terdengar, lidah-lidah api bertebaran di atas kepala setiap murid Yesus, mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bahasa-bahasa lain. Dan pada saat itu, sesuatu yang dahsyat terjadi – PETRUS BERKHOTBAH. Apa yang terjadi?


     

    1. Baca Kisah 2:40-41 !!!


       

      40 Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: "Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini." 41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.


       

    2. Saya berdoa supaya suatu saat ini juga terjadi dalam hidup saya, tiap kali khotbah 3000 jiwa diselamatkan. Tapi itu yang benar-benar terjadi pada waktu itu. Begitu momentum Allah tiba, sepertinya ledakan terjadi begitu saja. Bahkan Alkitabpun mencatat bahwa tiap-tiap hari jiwa-jiwa baru ditambahkan kepada mereka.


       

      Baca Kisah 2:46-47 !!!

      46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, 47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

        

    Seolah-olah pertumbuhan mereka ini tiada berakhir tidak peduli tantangan dan masalah seberat apapun yang mereka alami pada waktu itu.


     

    1. Akibatnya dalam waktu yang sangat singkat dari 120 orang di ruangan atas tempat mereka berdoa, menjadi 5000 jiwa dan Alkitab mencatat itu dengan jelas.


       


       


       

      Baca Kisah 4:4 !!!

      4 Tetapi di antara orang yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira lima
      ribu orang laki-laki.


       

    2. Ini yang saya sebut dengan Momentum Roh. Asalkan ada yang satu ini, maka perkara-perkara yang tidak terduga sebelumnya bisa terjadi di luar perhitungan nalar manusia. Momentum yang seperti ini, saya percaya sedang Tuhan kirimkan kepada kita. Itulah sebabnya kita ambil keputusan untuk memulai langsung 4 ibadah di tempat ini – tidak 1 atau 2 atau 3 – tapi langsung 4. Saya percaya kalau Tuhan sanggup melakukan itu pada gereja mula-mula, Tuhan yang sama yang mereka sembah juga kita sembah, dalam waktu yang dekat ini kita akan bertumbuh menjadi 5000 jiwa dan 9 ibadah di Adem Ayam dan Lippobank dipenuhi jiwa-jiwa dan nama Tuhan dipermuliakan.


     

    1. Bagi saya Ps George Annadorai adalah suara kenabian yang Tuhan pakai untuk gereja kita. Dia sendiri memberikan komitmen untuk datang secara berkala dan melayani di gereja kita. Saya yakin sekali setiap perkataan yang dia sampaikan kepada kita adalah dari Allah sendiri datangnya. Dan saya masih ingat terkahir kali dia datang di tempat ini, khotbahnya semua sama, yaitu tentang membangun kota. Akan tetapi satu-satunya khotbahnya yang berbeda adalah ibadah paling akhir pk 18.30 – waktu itu dia menyampaikan pesan Tuhan bahwa Tuhan akan memberikan suatu kekuatan ilahi pada gereja kita sehingga tahun kita akan menjadi STRONGER, BIGGER, dan FASTER – tiga kata ini terus-menerus dia ulangi. Saya sangat yakin bahwa inilah waktunya Tuhan membuat kita sungguh-sungguh menjadi STRONGER, BIGGER, dan FASTER.


 

  1. Bahkan nubuat yang dia berikan pada saya waktu berada di Kota Solo adalah dia melihat Tuhan memberikan kepada saya tapal kuda sehingga saya akan membawa gereja ini berlari dengan sangat kencang. Tapi setelah itu Tuhan memberikan kecepatan yang lebih dahsyat lagi, tidak hanya lari kencang, tapi terbang tinggi. Saya yakin ini yang sedang Tuhan genapi. Hari-hari ini kita akan semakin melihat kegerakan Allah yang dahsyat dinyatakan di tengah-tengah kita. Jadi saya tantang saudara, mari kita responi momentum Allah ini, mari kita masuk bergabung dalam kegerakan ini, mari terlibat dalam pelayanan, dan saksikan kedahsyatan Allah akan terjadi dalam kehidupan saudara.


 

  1. Applikasi: Berita baiknya – Alkitab mengajarkan: Urapan mengalir dari atas ke bawah. Kalau gerejanya diberi momentum roh yang dahsyat dan mengalami kegerakan yang luarbiasa, maka urapan dan berkat yang sama juga akan mengalir pada jemaat. Tapi secara khusus hanya bagi mereka yang secara roh sungguh-sungguh hatinya ada di gereja ini dan mendukung dengan sungguh-sungguh – Tuhan akan berikan momentum ilahi yang luarbiasa kepada saudara. Tiba-tiba pintu-pintu yang tertutup selama ini akan terbuka, tiba-tiba kegagalan terus-menerus akan dibalik menjadi kemenangan yang luarbiasa, tiba-tiba kesempatan-kesempatan baru Tuhan bukakan dan Tuhan berikan kepada kita, tiba-tiba doa-doa akan mendapat jawaban. Asal saudara ada dalam pengurapan di tempat ini.


 

  1. Kesaksian: Waktu itu saat gereja kita baru mulai merencanakan untuk pembangunan Bait Allah, tiba-tiba Tuhan perintahkan kepada saya untuk menabur pada gereja pusat di Solo. Ini agak tidak masuk akal – bukankah mereka lebih kuat, harusnya mereka yang membantu kita, tapi kok malah Tuhan menyuruh kita untuk menabur pada mereka?! Tapi kita taat saja. Melalui ketaatan itu, tiba-tiba Tuhan bukakan saluran berkat untuk gereja di Solo pada kita, mereka membangun gedung kapasitas 5000 tempat duduk yang nanti September tahun ini selesai, kitapun juga diberi visi untuk membangun gedung kapasitas 5000 tempat duduk.


 

  1. Kesaksian: Sama halnya dengan Gedung Lippobank di sini. Sebenarnya kita sudah berusaha untuk mencari tempat ibadah di banyak tempat tapi senantiasa tidak berhasil. Sampai suatu saat saya di Medan dan Tuhan perintahkan saya untuk menabur pada Pdt Benjamin Munthe. Di sana mereka punya 19 ibadah di 10 tempat tiap Minggu dan 4 gedungnya besar-besar: 2000, 2000, 1500, dan 1000. Saya diteguhkan oleh istri saya. Pada saat saya berlutut untuk didoakan, tiba-tiba saja Tuhan berbicara pada saya: Apa yang dipunyai hambaKu ini akan Kuberikan juga kepadamu double porsi. Saya tangkap dan percayai itu. Eh herannya besok paginya, tiba-tiba saya dapat telpon dan singkat ceritanya Tuhan berikan tempat ini untuk kita. Jadi saya percaya nanti kita juga akan punya seperti di Medan ada banyak tempat yang besar-besar + di Solo gedung 5000 tempat duduk. Tinggal tunggu waktunya Tuhan.


 

  1. Makanya saya dorong saudara, masuklah dalam momentum roh di gereja kita ini. Jangan hanya jadi jemaat, jangan hanya jadi penonton, jangan hanya jadi simpatisan. Anda akan mengalami kerugian besar. Masuklah dalam kegerakan Allah ini, ikut terlibat dalam pelayanan, berjuang bersama, menaburlah, berikan yang terbaik bagi Tuhan, maka pengurapan Allah yang ada di tempat ini juga akan mengalir dalam hidup saudara sehingga berkat-berkat melimpah luarbiasa dalam pekerjaan, bisnis, keuangan, kehidupan pribadi, dan pelayanan kita. Haleluya !!!


 


 

  1. Kehausan yang dahsyat.


     

    1. Baca Kisah 2:46-47 !!!


       

      46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, 47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.


       

    2. Ciri yang kedua kalau momentum roh sedang ada atas gereja Tuhan adalah adanya kehausan yang amat dahsyat untuk mencari Allah. Seperti yang dialami oleh jemaat mula-mula pada waktu itu, perhatikan kata yang dipakai oleh Alkitab: TIAP-TIAP HARI – tiap-tiap hari mereka berkumpul di Bait Allah dengan tekun, tiapt-iap hari mereka mereka bersekutu di rumah masing-masing. Dan itu semua mereka lakukan DENGAN GEMBARA DAN TULUS HATI SAMBIL MEMUJI ALLAH.
      Dampaknya sangat besar: Tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.


     

    1. Siapa yang punya kerinduan supaya tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah jiwa-jiwa yang diselamatkan? SEMUANYA, kuncinya satu – MILIKI KEHAUSAN YANG DAHSYAT.


 

  • Tanpa kehausan yang dalam, tidak mungkin kita melakukan seperti yang dilakukan jemaat mula-mula.
  • Tanpa kehausan, kita akan berhitung-hitung dengan Tuhan bahwa setiap minggu kita keluar pelayanan atau ke gereja berapa kali.
  • Tanpa kehausan, kita bahkan tidak mungkin ke gereja secara konsisten apalagi ikut kelompok sel.
  • Tanpa kehausan, bahkan berdoa dan baca Firmanpun akan menjadi sesuatu yang sangat berat dalam kehidupan kita.


 

  1. Saya percaya saat ini Momentum Roh
    itu sedang ada di tengah-tengah kita, oleh karena itu Tuhan akan memberikan suatu kehausan yang luarbiasa kepada kita. Sehingga kita bisa tiap-tiap hari berdoa, tiap-tiap hari baca Firman, tiap-tiap hari kelompok sel, dan tiap-tiap hari beribadah di Bait Allah. Sama persis dengan gaya hidup jemaat mula-mula.


 

  1. Mungkin sebagian dari kita tidak bisa mengerti apa yang saya sampaikan ini? Mungkin saudara berpikir – Nggak masuk akal, masak tiap-tiap hari kelompok sel, tiap-tiap hari ada ibadah?


     

    Penjelasannya begini: orang kalau sedang demam HP tiap-tiap hari ngomongnya apa? Cari infonya tentang apa? Perginya kemana? Pasti semua yang berkaitan dengan HP.


     

    Orang kalau sedang gandrung Lau Han, tiap-tiap hari yang dicari apa? Perginya ke mana? Yang dilihat terus apa? Lau Han.


     

  2. Itu semua adalah sebuah kegandrungan akan suatu hal yang fana yang sifatnya sementara. Akan tetapi yang namanya kegandrungan roh adalah seperti makanan dan minumam – tiap-tiap hari kita pasti butuh makan dan minum. Kalau kita mempunyai kegandrungan roh atau kehausan akan perkara roh, maka kata 'tiap-tiap hari' itu akan berlaku dalam hidup kita. Kalau itu sampai terjadi di antara seluruh jemaat kita, maka yang akan terjadi adalah tiap-tiap hari Tuhan akan menambahkan jiwa-jiwa yang diselamatkan pada kita.


 

  1. Kesaksian: Toronto Blessing – Karena lawatan yang Tuhan adakan di gereja itu sedemikian luarbiasa, sangat banyak jiwa yang berdatangan untuk menerima lawatan dan pembaharuan dari Allah. Bukan hanya di Toronto saja, tapi dari berbagai daerah di Kanada, bahkan dari seluruh dunia. Waktu itu satu rombongan besar dari gereja pusat kita di Solopun juga berangkat ke sana. Di sana, tiap-tiap hari ada ibadah, tiap-tiap hari ada lawatan Tuhan, tiap-tiap hari Roh Kudus dicurahkan secara luarbiasa, tiap-tiap hari orang diubahkan hidupnya oleh Tuhan.


 

  1. Kesaksian: Pensacola – sama halnya dengan di Toronto, Allah juga bekerja luarbiasa di Pensacola. Kalau di Toronto, kegerakan yang terjadi lebih pada pembaharuan, lawatan, dan pencurahan Roh Kudus; di Pensacola yang terjadi adalah gerakan menyelamatkan jiwa besar-besaran. Jemaat di gereja itu tiap-tiap hari memberitakan Injil, tiap-tiap hari bersaksi, tiap-tiap hari membawa jiwa baru datang ke gereja. Bahkan yang lebih mengerikan, tiap-tiap hari sebelum ibadah di mulai, mereka sudah antri di luar gedung gereja selama berjam-jam, dan pada waktu pintu di buka, mereka berlarian untuk mendapatkan tempat duduk, dalam waktu singkat tidak ada lagi tempat yang tersisa.


     

    Suatu saat ada orang luar negeri yang tanya pada salah satu pedagang yang berjualan di dekat gereja itu: Apa tiap-tiap hari seperti ini? Ya. Kenapa kok mereka mau antri tiap-tiap hari sampai seperti itu? Saya tidak tau, tapi yang saya tau adalah orang kalau masuk di situ hidupnya berubah total, dari yagn jahat jadi baik, dari yang bermasalah menjadi lurus, dari yang berantakan keluarganya jadi dipulihkan.


     

    Akibatnya tiap-tiap hari Tuhan menambahkan pada mereka jumlah jiwa-jiwa yang diselamatkan.


     

  2. Kesaksian: Bogota ada kegerakan kelompok. Banyak orang seringkali menghitungi hari keluar untuk kelompok sel, akan tetapi karena dahsyatnya kegerakan yang mereka alami, saat ini mereka benar-benar mengalami seperti yagn dialami jemaat mula-mula. Tiap-tiap hari kelompok sel. Bahkan tidak jarang ada satu PKS yang tiap-tiap hari kelompok sel dan memimpin 5 kelompok sel dalam seminggu. Ibadah mingguan mereka di stadion yang mampu menampung 20000 tempat duduk. Bahkan kemarin ketika saya di Singapore, Pdt Cesar Castellanos mengumumkan bahwa pada tahun ini mereka akan pindah di stadion sepok bola yang sangat besar. Jumlah kelompok sel mereka sekarang mencapai 50000 kelompok sel.


 

  1. Berita baiknya, momentum Allah sudah mulai bergerak dahsyat di tengah-tengah kita. Mulai minggu ini kita akan punya 9 ibadah minggu + 2 ibadah di luar minggu + 5 ibadah sekolah minggu + kelompok sel tiap-tiap hari di rumah-rumah. Saya yakin kegerakan yang lebih besar daripada di Toronto, Pensacola, bahkan Bogota akan Tuhan kerjakan di Kota Jogja ini.


 

  1. Jangan sia-sia kesempatan yang luarbiasa ini. Sadarlah Allah sedang melawat Jogjakarta. Jangan sampai ketinggalan. Jangan sampai melewatkan lawatan Allah yang luarbiasa ini. Bangkitkan kerinduan dan kehausan dan kegandrungan akan perkara-perkara roh. Caranya bagaimana? Buka hatimu dan alami jamahan Roh Kudus pada saat ini juga.


     


 

Penutup:


 

Alami Jamahan Roh Kudus !!!


 

No comments: